10 Cara Menjaga Pikiran Tetap Tajam

DAYA INGATBestprofit Pekanbaru – Ada beberapa cara atau tips agar pikiran kita tetap tajam seiring berjalannya usia yang kadang lupa atau karena konsentrasi kurang seperti yang tejadi pada anak muda masa kini.

Lakukan Sesuatu,
beraktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari seperti lari jogging, trademilk, aerobik teratur akan membuat otak lebih fresh alias segar serta menjaga kebugaran mental.

Makan Berserat
Makan berserta tinggi membuat pencernaan lancar, yang akan membuat kinerja organ tubuh maksimal termasuk otak

Perhatikan Pola Makan
Terlalu banyak makan tidak baik membuat lamban kinerja otak, namun terlalu sedikit makan juga sangat tidak baik karena dapat merusak otak, seperti diet yang berlebih dapat membuat sesorang mengalami anoreksia, penelitian menyatakan bahwa diet berlebih dapat membuat gangguan memori, kebingungan.

Jaga tubuh Anda
Sebagian besar penyakit yang dapat dicegah – seperti diabetes tipe II, obesitas dan hipertensi – semua mempengaruhi otak Anda. Seluruh sistem masalah kesehatan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penurunan kognitif dan gangguan memori. Menjaga sistem peredaran darah Anda dalam keadaan baik, seperti menghindari rokok dan lemak jenuh, mengurangi serangan yang berkaitan dengan usia kerusakan otak.

Istirahat di Tempat Relaksasi
Istirahat yang cukup serta tidur yang baik dapat membuat lebih tenang dan setidaknya menghilangkan stres yang menurut penelitian dapat membantu meminimalisir penurunan kognitif otak.

Nikmati kopi dan teh Anda
Terdapat bukti yang menunjukkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi kafein dapat melindungi otak. Menurut studi longitudinal besar, dua sampai empat gelas sehari bisa mencegah penurunan kognitif normal dan menurunkan kejadian Alzheimer sebesar 30 hingga 60 persen. Tidak jelas apakah manfaat yang datang dari kafein atau antioksidan yang ditemukan dalam kopi dan teh, tetapi latte dapat meningkatkan kognisi siang ini dan beberapa dekade dari sekarang.

Pesannya jangan kebanyakan yah, sesuatu yang berlebih kan gak baik juga bagi tubuh. Sewajarnya saja kita mengkonsumsi kopi.

Makan ikan
Asam lemak esensial, seperti Omega 3s yang terdapat pada ikan​​, sangat penting untuk fungsi otak dan terbukti bermanfaat untuk mengobati penyakit seperti depresi.Namun berhati-hati dengan ikan yang sudah terkontaminasi dengan limbah seperti merkuri yang dapat merusak otak.

Santai Saja
Beberapa ilmuwan menduga bahwa gaya hidup seimbang dan melakukan kegiatan santai seperti yoga, sosialisasi dan kerajinan dapat menunda gangguan memori dengan mengurangi stres.

Hindari Suplemen
Suplemen telah mendapatkan nilai buruk baru-baru ini, bahkan dengan multivitamin yang akrab sekarang ini tampak seperti buang-buang uang – atau lebih buruk. Pil untuk otak, seperti ginkgo dan melatonin, kemungkinan termasuk dalam hal yang tidak berguna. Meskipun “alami” pil tersebut tidak bebas dari potensi efek samping, seperti tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, masalah kesuburan dan depresi. Dan di antara orang yang sehat, ginkgo tidak menawarkan manfaat otak termasuk dari plasebo. (Dalam beberapa kasus, plasebo bekerja lebih baik.)

Asah Otak Anda
Teka-teki silang, permainan sudoku, dan permainan mengasah otak lainnya adalah cara yang sangat baik untuk menjaga pikiran dan otak kita. Akan tetapi dengan permainan tantangan yang berbeda-beda akan lebih baik bagi otak kita dibandingkan dengan bermain permainan yang sama berulang-ulang.

Comments are closed.