10 Miliarder yang Hidup Super Hemat

markzuckerbergBestprofit Futures Pekanbaru – Posisi seseorang sebagai pemimpin perusahaan besar tentu identik dengan kekayaan dan fasilitas yang super mewah. Fasilitas mewah dan gaji super besar tentu wajar untuk perusahaan yang mereka pimpin.

Namun, seperti yang dilansir Businessinsider, ternyata ada beberapa dari chief executive officer (CEO) super kaya ini yang hidup hemat, hanya mengendarai mobil tua, bahkan tidak punya banyak baju di rumahnya.

Berikut adalah beberapa CEO tersebut:

6. Mark Zuckerberg, CEO dan pendiri Facebook

kekayaan: US$15,4 miliar

Zuckerberg hingga kini masih risih dengan kekayaannya. Dia mengaku baru saja mengendari Acura TSX dan menggantinya menjadi Volkswagen GTI senilai US$30 ribu.

Pada 2011 lalu, ia membeli rumah seharga US$7 juta di Palo Alto. Walaupun demikian Zuckerberg hingga kini sangat jarang terlihat muncul dengan pakaian yang formal. Yang ia kenakan hanyalah t-shirt dan jaket dengan tutup kepala.

7. Jan Koum, pendiri WhatsApp

Kekayaan US$6 miliar:

Boleh jadi Koum merupakan seorang miliarder sekarang, namun ia tetap berasal dari keluarga yang sederhana. Dia lahir di Kiev, Ukraina, dan pindah bersama keluarganya ke Amerika Serikat, pada saat dirinya berumur 16 tahun.

Koum mendadak kaya, setelah WhatsApp dibeli senilai US$19 miliar pada Februari lalu. Saat itu, Koum memaksa Facebook untuk segera memastikan pembelian tersebut, karena ia terburu-buru mengejar pesawat reguler yang ditumpanginya untuk pergi ke Barcelona.

8. Tim Cook, CEO Apple

Kekayaan bersihnya diperkirakan US$400 juta:

Tim Cook mungkin merupakan salah satu eksekutif di Silicon Valley dengan bayaran termahal, namun ini tidak pernah tercermin dari cara hidupnya.

Timi memang terkenal sebagai CEO yang low profile. Ia hanya tinggal di kondominium seluas dua ribu kaki persegi di Palo Alto. Angka US$1,9 juta yang dibayarkannya untuk rumah tersebut adalah yang termurah dibandingkan tetangga-tetangganya.

“Saya suka, jika diingatkan dari mana berasal dan sekitar saya yang menolong saya melakukan semua ini. Uang bukan motivasi untuk saya,” katanya.

9. Tony Hsieh, CEO of Zappos

Kekayaan mendekati US$1 miliar:

Walaupun Hsieh menjual perusahaannya LinkExchange pada Microsoft senilai US$265 juta pada 1999, ia memutuskan menggunakan uang tersebut untuk hal yang lebih membangun daripada menjalani hidup yang glamour.

Dalam beberapa tahun belakangan, ia secara personal sudah berinvestasi US$350 juta untuk mengubah pinggiran kota Las Vegas menjadi sebuah pusat teknologi.

10. Serget Brin, salah satu penemu Google

Kekayaan US$30,9 miliar:

Mungkin sedikit kontradiktif menyebut seseorang yang punya beberapa pesawat pribadi sebagai orang yang hemat. Namun, Brin memang mengaku tidak senang untuk mengeluarkan uangnya.

“Dari orangtua, saya belajar hemat dan bahagia tanpa banyak hal,” katanya.

Ia mengatakan, hingga sekarang pun ia tidak ingin meninggalkan makanan bersisa di piringnya. Ia mengakui, juga masih melihat harga dalam berbelanja.

“Saya mencoba memaksa diri saya untuk tidak jadi terlalu hemat, tetapi saya dilahirkan dengan keadaan bahagia walaupun tidak berkecukupan,” ujarnya.

Ia juga termasuk salah satu philanthropist. Ia menyumbangkan US$219 juta pada 2013.

Comments are closed.