2 Teknik Putar Balik Mobil yang Tak Bikin Panik

Saat mengemudi mobil, putar balik terkadang terlihat mudah. Namun jika Anda belum terbiasa, misalnya pengemudi pemula, aktivitas ini bisa jadi terasa sulit dan menegangkan.

Meski begitu pengemudi jangan keburu panik saat melakukan putar balik. Pengemudi diimbau tetap tenang sambil melakukan teknik mengemudi yang tepat agar proses putar balik tak berkendala.

Daihatsu Indonesia dalam keterangan tertulis menjelaskan putar balik memiliki dua teknik yaitu three point turn dan u turn.

Three Point Turn

Sesuai namanya, teknik ini merupakan cara putar balik dengan melakukan tiga titik penghentian. Teknik ini bisa dilakukan saat tak cukup ruang untuk putar balik sekali jalan.

Cara putar balik dengan teknik ini dilakukan pada gigi satu, lalu putar kemudi berkebalikan dengan posisi mobil. Misal mobil di sebelah kiri maka putar kemudi ke kanan sembari injak pedal gas.

Setelah itu berhenti saat jarak di depan sudah habis. Kemudian masukan gigi mundur lalu injak pedal gas sambil membelokkan kemudi ke kiri.

Setelah itu berhenti kembali dan atur transmisi ke gigi pertama. Lalu injak pedal gas dan belokkan kemudi ke kanan.

Sembari melakukan teknik putar balik ini pengemudi mesti memperhatikan kondisi sekitar melalui kaca spion dan sensor parkir.

U Turn

Teknik ini umumnya lebih mudah dilakukan dibandingkan three point turn karena bisa dilakukan secara langsung. Teknik ini merupakan cara putar balik mobil yang benar jika ingin ke jalur berlawanan arah.

Untuk melakukan teknik ini, pengemudi mesti memosisikan mobil ke pembatas jalan lalu atur transmisi ke gigi pertama. Jangan terburu menginjak pedal gas untuk putar balik, hentikan dulu laju mobil menggunakan rem.

Setelah itu, sambil memperhatikan kondisi sekitar, injak gas agar maju ketika jalan memang sudah aman untuk dilintasi. Pada proses ini diimbau mengamati kendaraan kecil seperti sepeda motor yang kerap menyerobot.

Selain itu, sebelum putar balik, pengemudi disarankan mematuhi aturan yang berlaku yaitu memutar balik memang di jalan yang diperbolehkan.

Kedua, pastikan lampu sein menyala untuk memberi tanda ke pengendara di belakang atau depan. Nyalakan lampu sein sesuai arah berbelok.

Ketiga, perhatikan ruang ketika akan putar balik. Biasanya, ketika akan putar balik, pasti akan banyak pengendara lain akan berbelok. Sebab itu tetap tertib dan patuhi aturan lalu lintas, serta bersabar menunggu giliran untuk maju agar berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

Author: bpf pekanbaru

1 thought on “2 Teknik Putar Balik Mobil yang Tak Bikin Panik

Comments are closed.