4 Keuntungan WNI Bersaing dengan Pekerja Asing

netcommissions.comBestprofit Pekanbaru – Pelaksanaan ASEAN Economic Community (AEC) pada akhir 2015 mengharuskan kita mampu berkompetisi dengan para pekerja asing. Lalu apakah Anda sudah siap?

Pemberlakukan model ini memungkinkan para pekerja asing menyerbu lapangan pekerjaan di Indonesia. Demikian sebaliknya, warga kita juga bisa bebas mengadu nasib di luar negeri.

Pertanyaan, apakah Anda sudah siap dengan segala kemampuan dan keprofesional Anda?

Menurut Handi Kurniawan, pakar sumber daya manusia sekaligus penulis buku ‘Go Global: Guide to a Successful International Career’, para pekerja Indonesia tidak perlu ragu untuk bersaing dengan para pekerja asing.

Namun pekerja kita perlu meningkatkan kualifikasi internasionalnya agar dapat terus berkompetisi dengan baik. Dengan daya saing yang tinggi, pekerja Indonesia juga bisa menembus karier di luar negeri dan meraih sukses, atau apabila tetap bekerja di Indonesia pun, kita menjadi leader, bukan hanya menjadi follower, ujar Handi dalam siaran persnya

Karena menurut Handi orang Indonesia sudah memiliki empat kekuatan penting yang bisa menjadi modal untuk bersaing di era globalisasi. Apakah saja itu?

Dealing with uncertainties

Berkompromi dengan ketidakpastian

Dunia bisnis maupun berbagai aspek kehidupan seringkali bergejolak dan membutuhkan sikap yang fleksibel serta mampu melihat peluang. Orang Indonesia terbiasa hidup dalam ketidakpastian & situasi yang tak terprediksi. Misalnya kita sering sekali menghadapi pemadaman lampu, kemacetan hebat, kereta yang terlambat.

Bagi pekerja asing, hal-hal seperti ini tentu sangat mengganggu mood dan performa mereka bila terjadi mendadak. Bagi orang Indonesia, ketidakpastian ini menjadi makanan sehari-hari sehingga selalu dapat memikirkan back-plan serta toleransi yang tinggi.

Resilience & Untung mind-set

Orang Indonesia memiliki sifat tabah, pejuang hidup, dan selalu merasa untung. Dalam keadaan sesulit apapun, kita masih berusaha melihat sisi positif dan tetap melangkah maju meski menghadapi hambatan yang besar.

Ungkapan yang sering kita dengar, “Untung banjirnya hanya semata kaki” atau “Untung macetnya hanya 1 jam…”. Hal ini sepatutnya mencerminkan sikap optimisme orang Indonesia.

Diversity

Keanekaragaman

Orang Indonesia sangat terbiasa dengan keanekaragaman dalam pergaulan. Dengan lebih dari 17,000 pulau dengan berbagai ragam suku dan budaya, orang Indonesia seharusnya bisa menghargai perbedaan, belajar dan bekerja sama dengan berbagai macam orang.

Kemampuan beradaptasi yang tinggi di mana saja menjadi modal penting bagi kita untuk menembus sekat komunikasi. Demikian pula semestinya orang Indonesia dapat bekerja sama dengan orang dari berbagai negara.

Creative

Kreatifitas

Dengan ragam budaya dan tradisi dari Sabang sampai Merauke, orang Indonesia memiliki referensi yang kaya dalam berkreasi di bidang seni: musik, tarian, kuliner, film, dll. Kreativitas ini juga dapat dituangkan dalam dunia pekerjaan apa pun untuk berkarya.

Dalam bukunya, Handi juga memaparkan aspek-aspek yang perlu disiapkan untuk membangun kualifikasi internasional, berkarier global, jurus menguasai dinamika pergaulan global serta rahasia mewujudkan impian meraih sukses berkarier tanpa meninggalkan akar budaya yang menjadi ciri khas kita.

Comments are closed.