6 Trik Penjualan

netcommissions.com1. Membangun Kepercayaan
Sebelum kita bisa menjual sesuatu kepada seseorang, pertama kita harus dapat membangun kepercayaan. Jika sudah ada kepercayaan antara pembeli dan penjual, proses penjualan akan berlangsung lebih mudah.


Misalnya anda terdampar di Rusia, anda tidak mengenal seseorang pun disana, anda juga tidak paham bahasa Rusia. Tiba tiba saja anda mendengar seseorang menyapa anda dengan bahasa Indonesia. Tiba tiba saja anda merasa dekat dengan orang itu. Padahal ketemu saja baru pertama kali.
Dengan adanya kesamaan maka akan terbentuk kepercayaan.

2. Mencairkan Suasana
Untuk dapat mencairkan suasana, anda dapat membahas mengenai hobi, keluarga, dan rekreasi. Tapi jangan lupa juga tujuan anda. Jangan sampai karena terlalu asik berbicara maka anda lupa kepada tujuan utama anda.

3. Gali Kebutuhan
Carilah apa yang dibutuhkan konsumen anda. Misalnya anda seorang sales mobil. Daripada anda ngotot untuk mejual mobil sport( karena komisi yang didapat besar) kepada bapak yang berada di showroom mobil, lebih baik anda memulai penjualan dengan bertanya kebutuhannya. Tanyalah, ada yang bisa saya bantu? Dari pertanyaan tersebut kita dapat mengetahui bapak tersebut ternyata membutuhkan mobil keluarga bukan mobil sport. Sebagus apapun sales nya mempresentasikan mobil sportnya, percuma saja karena bapak tersebut membutuhkan mobil keluarga.

4. Cari Solusi
Saat pembeli berdebat karena masalah harga yang sangat mahal, Anda buisa berkata demikian, Saya mengerti apa yang bapak rasakan, karena saya dulu pernah merasakan juga, Tetapi harga yang mahal merupakan harga yang relatif, karena bila membeli yang murah maka akan cepat rusak. kalau dihitung hitung sama saja. Seperti itulah cara yang dilakukan untuk menghadapi pembeli yang protes masalah harga yang mahal.

5. Closing
Salah bertanya bisa mengakibatkan semuanya sia sia. Daripada memberi pertanyaan, Jadi Bapak mau beli/tidak? Lebih baik melontarkan pertanyaan seperti ini, Jadi Bapak mau beli yang warna hitam atau putih? Mau beli satu atau dua?
Usahakan memberikan pertanyaan yang makna jawabannya pasti YA.

6. After Sales
Banyak orang yang merasa tugasnya sudah selesai saat berhasil menjual barang tersebut. Padahal jika kita tetap memberikan pelayanan setelah berhasil menjual, siapa tau pembeli tsb akan membeli barang kita lagi bahkan menjadi langganan kita.

Comments are closed.