7 Kebiasaan yang Harus Dimiliki Oleh Pengusaha Muda

kerjasama timPT.BESTPROFIT PEKANBARU – Jika berbicara sebuah usaha atau bisnis yang dibangun oleh seorang anak muda, baik mahasiswa, fresh graduate atau siswa sekolah kita masih sering mengkaitkannya dengan gairah anak mudah yang sangat bersemangat. Tentu itu tidak salah, karena masa muda memang menjadi masa dimana kita bias mengekspresikan segenap ide, bakat, minat dan kemampuan dengan maksimal. Begitupun dalam bisnis. Namun untuk menjadi lebih sukses seorang pengusaha muda harus memiliki kebiasaan seperti berikut ini:

Membuat jadwal yang teratur

Salah satu alasan mengapa seorang pengusaha baik muda ataupun yang sudah berpengalaman harus membuat jadwal yang teratur adalah untuk mendisiplinkan dan melatih konsistensi dalam bekerja. Ketika kita mampu menjalani jadwal secara teratur tentu akan berdampak baik bagi kita dan bisnis kita. Disini produktivitas kita dalam bekerja sangat dibutuhkan. Terlebih bagi pengusaha yang masih muda. Tentu ingin memiliki waktu bersenang – senang yang lebih banyak.

Menjadwalkan setiap pekerjaan secara teratur akan membantu kita mendapatkan waktu luang yang banyak tanpa kehilangan hasil pekerjaan yang memuaskan. Cobalah untuk focus dan menjadikan jadwal sebagai kunci keberhasilan dalam membangun usaha. Buat saja to do list harian atau mingguan, sehingga apa yang akan dikerjakan sudah dapat dibayangkan dan direncanakan.

Tanyakan 1 pertanyaan penting sebelum tidur

Memiliki bisnis di usia muda bukan berarti kamu bisa santai dan tidak berfikir cara untuk berkembang. Di era yang serba cepat ini, jika kita tidak mau berfikir 1 langkah lebih maju dari pesaing kita, bisa – bisa kita tersingkir. Cobalah ajukan 1 pertanyaan sederhana untuk diri sendiri, seperti “jika saya hidup setiap hari dengan melakukan hal yang sama, apa yang bisa saya hasilkan untuk masa depan saya?”. Cukup sederhana, tapi ini membuat kita ingin memikirkan masa depan dengan cukup matang.

Menikmati akhir pekan dengan berpetualang

Jiwa petualang memang identik dengan anak muda. Tidak salah ketika pebisnis muda seperti kita ingin melakukan hobi seperti berpetualang atau jalan – jalan ke berbagai daerah. Jika itu membuat kita senang dan bersemangat, lakukan saja. Cari ide, inspirasi dan semangat dari hal yang kita sukai. Jangan hiraukan kata orang yang mengatakan seorang pebisnis harus fokus dan tekun menjalankan bisnis dari kantor. Karena bagaimanapun itu, bisnis ini Anda yang jalani. Nikmati prosesnya dan nikmati hasilnya.

Mencoba sesuatu yang baru setiap harinya

Jangan ragu juga untuk melakukan banyak hal baru setiap harinya. Jangan takut untuk mencoba hal yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Seperti ketika kita tidak biasa berolahraga pagi, maka bangunlah lebih pagi dan berolahragalah. Ketika kita terbiasa mandi dengan air hangat, cobalah untuk mandi dengan air dingin. Jika kita tidak biasa melalui sebuah jalan untuk mencapai kantor, maka cobalah untuk melakukannya. Ini akan membuat kita mendapatkan ide, inspirasi dan semangat yang terus baru. Ini juga menghindari kita dari rasa bosan yang cenderung akan muncul saat lelah bekerja.

Renungkan sebuah pertanyaan dari berbagai sisi

Banyak yang berpikiran masa muda adalah masa dimana kita akan mulai mendapatkan banyak masalah, memikirkan lebih banyak solusi dan harus berani berfikir dari banyak sisi. Begitupun dalam bisnis, kita harus mampu mendengar dan melihat sebuah masalah dari banyak sisi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan solusi yang benar – benar bisa diterima oleh banyak orang, bukan lagi yang menurut kita benar.

Membuat rencana yang lebih spesifik

Tidak ada salahnya ketika Anda membuat rencana pekerjaan atau kerja dengan jarak yang lumayan singkat, seperti setiap 1 bulan, 3 bulan, atau satu tahunan sekali. Anda bisa merancang goals apa saja yang bisa dan harus dicapai selama periode tersebut. Dengan begitu kita akan semakin bersemangat menjalankan bisnis. Merancang dan menjalani rencana demi rencana dengan baik.

Menyegerakan untuk membuat daftar setelah sampai di kantor

Dan yang terakhir adalah dengan tidak menunda – nunda setiap tugas, pekerjaan dan goals yang ingin dicapai. Ketika sudah sampai di kantor, usahakan untuk langsung menuliskan to do list apa saja yang harus diselesaikan hari itu. Hal ini bisa dilakukan ketika kita lupa menuliskan to do list pada malam harinya. Menuliskan daftar saat baru tiba di kantor akan membantu kita disiplin terhadap jadwal yang kita buat sendiri.

Sumber : mediabisnisonline

Comments are closed.