7 Langkah Sederhana Dalam Menulis Deskripsi Produk

koreksi kepemimpinan

1. Tentukan target pemasaran produk

Sebelum memasarkan produk Anda dan menuliskan deskripsi dari produk yang Anda pajang, maka tentukan terlebih dahulu kepada siapa Anda akan menjual. Target pasar yang jelas akan memudahkan Anda dalam membuat, menuliskan dan menjual produk di toko online Anda. Karena dari segi bahasa dan penggunaan kalimatpun harus mudah dimengerti oleh setiap audiens yang membacanya. Jika Anda tepat menentukan pasar yang Anda inginkan, maka dengan mudah produk Anda diterima dan memberikan impact bagi bisnis Anda.
2. Menuliskan fitur dan manfaat dari produk

Deskripsi produk bukan hanya sebuah kalimat yang menjelaskan gambar besar dari produk yang Anda jual. Custmer online Anda tentu membutuhkan sebuah rincian dari produk yang mereka inginkan. Karena ini bisnis online, dan customer hanya dapat melihat gambar atau foto dari produk Anda, maka mereka membutuhkan sebuah penjelasan yang rinci dari gambaran produk Anda. Berikan mereka rincian dari fitur hingga manfaat produk Anda bagi mereka. Tuliskan apa manfaat yang akan diterima customer Anda saat mereka menggunakan dan mengkonsumsi produk Anda. Kecil kemungkinan mereka kecewa saat produk yang mereka lihat dalam gambar, deskripsi yang mereka baca dengan produk yang mereka terima memiliki kesamaan dan sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Inilah yang menjadi salah satu kunci kepercayaan customer, terutama untuk sebuah bisnis online.
3. Menggunakan rekaman suara Anda

Jika menurut Anda menulis adalah sesuatu yang sulit atau Anda mudah bosan melakukannya, cobalah untuk mencari cara lain yang bisa menggantikan kalimat dari deskripsi produk Anda. Anda bisa membuat sebuah rekaman suara atau video yang berisi penjelasan dari deskripsi produk Anda. Ini juga akan membuat toko online Anda terlihat berbeda dari toko online lainnya. Anda bisa mengajak customer Anda untuk mengunjungi channel Youtube Anda. Disana Anda bisa memberikan mereka video – video lainnya yang berisi penjelasan seputar bisnis dan apa saja yang Anda tawarkan.
4. Buat format salinannya

Berbelanja online menjadi pilihan bagi orang yang sulit atau tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja di toko offline. Namun terkadang membaca deskripsi produk pun mereka masih merasa tidak memiliki cukup banyak waktu. Itu sebabnya terkadang kita menemukan orang atau rekan kita akan menyalin tulisan dalam deskripsi produk di toko online, untuk kemudian mereka baca pada waktu senggang. Dan inilah yang bisa menjadi peluang bagi Anda. Anda bisa membuat sebuah salinan dari deskripsi produk yang Anda tuliskan. Biarkan mereka menyalin deskripsi tersbeut dalam file pribadi mereka. Anda juga bisa memberikan fasilitas download berupa file .pdf untuk mereka. Ini akan memberikan rasa eksklusif bagi customer Anda.
5. Berikan deskripsi pribadi pada pelanggan

Dari beberapa produk yang dipajang di toko online, tentu kita menginginkan pelanggan menyukai produk tersebut. Salah satu yang bisa kita gunakan untuk mengetahui siapa yang menyukai dan paling menyukai adalah dengan memberikan rate atau rangking pada setiap produk yang kita pajang. Selanjutnya kita bisa mendaftar siapa saja yang memberikan rate tersebut pada produk kita. Kemudian kita bisa memberikan atau mengirimkan sebuah deskripsi produk secara pribadi pada email mereka. Memang terlihat seperti sebuah penawaran, tapi cobalah kemas dengan cara yang berbeda dan tentu saja yang mengundang customer untuk membaca dan membelinya.
6. Jangan ragu untuk mengedit tulisan Anda

Sebuah tulisan deskripsi produk yang telah lama Anda pajang bersama dengan foto produknya, jangan ragu untuk mengedit tulisan didalamnya. Mengedit teks bukan berarti Anda salah dalam menggunakan kalimat atau menyusun setiap bahasa yang didalamnya. Mengedit teks juga bisa bertujuan untuk menambah atau membuat tulisan yang semula biasa saja menjadi lebih menarik, mudah dibaca dan persuasif. Tapi pastikan terlebih dahulu apa yang ingin dan memang butuh untuk Anda edit. Anda harus memastikan, bahwa tulisan yang akan Anda edit ditujukan kepada siapa, customerkah? atau perusahaan? Untuk menulis setiap kalimat dalam deskripsi produk, Anda bisa membayangkan jika saat itu Anda sedang berbicara dengan pelanggan Anda. Buatlah kalimat yang mudah dibaca serta tidak membosankan.
7. Optimasi deskripsi produk Anda ke mesin pencari

Apalagi yang akan digunakan oleh sebuah toko online untuk memaksimalkan kinerja online mereka selain peran aktif dari mesin pencari. Kita kenal SEO, salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan memaksimalkan penulisan di deskripsi produk untuk dapat diterima dan terbantu oleh mesin pencari. Cari dan tulis setiap kata yang kira – kira banyak dicari oleh pengguna internet di mesin pencari. Anda bisa mulai dengan mensurvei kata atau kalimat apa yang kira – kira akan digunakan oleh masyarakat saat mencari produk yang mirip dengan produk Anda. Anda bisa memanfaatkan ini dengan menyelipkan dalam deskripsi produk Anda. Jangan lupakan untuk menuliskan meta title, meta deskripsion dan lain sebagainya yang juga mendukung peningkatan SEO Anda di mesin pencari.

Comments are closed.