70% Investasi IT di Indonesia Masih Dikuasai Asing

www.simplethriftyliving.comJakarta -Nilai bisnis sektor telekomunikasi dan informatika (IT) di Indonesia sangat besar. Perputaran bisnisnya pun mencapai ratusan triliun rupiah per tahun. Sayangnya, bisnis ini masih dikuasai asing.

“Bisnis IT di Indonesia itu besar mencapai Rp 400 triliun lebih per tahun,” ungkap Menteri Telekomunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring dalam sambutan di acara Indonesia Digital Society Award di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (8/5/2014).

Tifatul mencontohkan, pelanggan Telkomsel saja mencapai 131 juta pelanggan. Bila 1 pelanggannya menghabiskan/membelanjakan pulsa Rp 1 juta/tahun, nilainya mencapai Rp 131 triliun/tahun.

“Itu baru 1 operator, bayangkan berapa banyak operator di Indonesia, belum lagi bisnis TV digital, iklan televisi sangat besar sekali,” ucapnya.

Namun Tifatul menyayangkan, total belanja investasi (capital expenditur/Capex) perusahaan IT di Indonesia saat ini masih sebagian besar dikuasasi asing.

“Capex perusahaan IT di Indonesia sayangnya 70% masih dikuasai asing, makanya saat ini bagaimana caranya agar menarik porsi tersebut menjadi milik kita, supaya kita tidak hanya jadi obyek tapi juga pelaku,” tutup Tifatul.

Comments are closed.