8 Cara Jaga Harga Jual Mobil Tetap Tinggi

Penting bagi pemilik kendaraan untuk menjaga kualitas mobil agar mendapat harga jual yang tetap tinggi.

Ada beberapa hal dasar yang dapat diterapkan selama penggunaan mobil supaya dapat jual kembali dengan harga memuaskan.

Jangan sampai ‘kesalahan’ saat penggunaan dan perawatan, membuat mobil Anda ditawar murah di pasaran.

 

Hindari Banjir

Bencana banjir merupakan salah satu mimpi buruk pada setiap pemilik mobil. Mobil yang pernah terendam banjir hingga memiliki dampak pada unit tersebut tentu sangat sulit memiliki harga jual yang tinggi.

Apalagi jika sudah ada tanda yang membekas seperti rel jok karat dan kotor karena lumpur, performa mesin yang menurun, hingga eksterior yang catnya pudar. Ini akan memperparah harga jual. Maka dari itu hindari mobil Anda dari musibah banjir.

Tidak Pernah Tabrakan

Tips lainnya agar mobil Anda memiliki harga jual kembali terbaik adalah dengan mengemudi secara aman dan selamat. Dengan begitu potensi tabrakan akan terhindarkan.

Mobil yang pernah tabrakan walau telah dilakukan perbaikan menyeluruh akan jadi point negatif. Mulai dari bekas las pada sasis, maupun dempul di body akan jadi alasan calon pembeli menawar semurah mungkin mobil Anda.

Miliki Rekam Jejak Servis

Sebaiknya kita memilih bengkel terpercaya atau bisa juga mengandalkan bengkel resmi saat melakukan perbaikan mobil. Dengan begitu kita dapat memiliki rekam jejak servis sehingga menjadi poin tambahan saat mobil hendak dijual.

Bukti performa mesin mobil Anda terjaga yakni dengan memamerkan ‘service record’ kepada calon pembeli, demikian mengutip Auto2000.

Jaga Tampilan Eksterior dan Interior

Mengutip Seva, eksterior merupakan bagian yang akan dinilai pertama kali oleh pembeli mobil bekas. Bagian eksterior, termasuk bodi dan cat yang masih bagus serta mulus akan mendongkrak harga jual mobil. Karena itu, sebaiknya Anda rajin menjaga penampilan eksterior dengan mencuci, memoles, atau bahkan membawanya ke salon mobil.

Kemudian bagian interior yang perlu dirawat meliputi setir, dashboard, jok, hingga karpet lantai. Termasuk juga fitur-fitur seperti audio sebagai sarana hiburan selama perjalanan, tombol AC, tombol power window, dan lainnya. Sebaiknya kita rajin merawat bagian itu agar tetap bersih dan berfungsi baik.

Tambahan Aksesori

Tambahan aksesori seperti head unit audio, sarung jok, body kit, hingga kaca film juga akan membantu menaikkan harga jual mobil. Namun pastikan, aksesori tidak mengganggu fungsi dan kenyamanan mobil.

Hindari Bunyi Aneh

Suara dan bunyi aneh yang ada di dalam kabin maupun di bagian luar mobil akan mengganggu dan mengurangi kenyamanan. Bunyi itu biasanya datang dari karet-karet yang aus, timing belt yang mulai getas, suspensi keras, hingga kampas rem tipis. Sangat disarankan melakukan pengecekan secara rutin pada bagian-bagian itu.

Jaga Kelengkapan Surat

Kelengkapan surat-surat mobil juga menjadi penentu harga jual. Oleh karena itu, jaga dan simpan dengan baik buku panduan, buku servis, nota pembelian, faktur pajak, polis asuransi, BPKB serta Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK). Pastikan juga bila mobil Anda telah membayar pajak.

Tentukan Cara Menjual

Ketimbang memarkirkan mobil di pinggir jalan dengan memberikan tulisan “dijual”, lebih baik memasarkan mobil kesayangan secara online dengan memanfaatkan media sosial. Anda juga dapat menggunakan situs jual beli mobil bekas yang banyak tersedia di internet.

1Pingbacks & Trackbacks on 8 Cara Jaga Harga Jual Mobil Tetap Tinggi