9 Hal yang Diharapkan oleh Bawahan Anda

developmentandmarketing.comBestprofit Pekanbaru – Karyawan hanya ingin mendapatkan sebuah penghargaan yang sesuai. Menjadi seorang atasan atau pimpinan merupakan hal yang tidak mudah untuk dijalani dan tidak cukup untuk dibayangkan karena Anda diharuskan untuk berjuang agar perusahaan dan bawahan Anda lebih maju serta memiliki peningkatan. Seorang atasan yang berhasil diwajibkan mengayomi, memberikan arahan, tegas atas keputusan, adil, memiliki komitmen dan jujur.

Namun tahukah Anda bahwa dibalik seorang atasan yang sukses terdapat anak buah yang berjuang keras dan mati-matian untuk mewujudkan mimpi Anda. Mereka tidak mengharap hal yang terlalu besar, sebagaian dari mereka memiliki keinginan yang sederhana dan sangat memungkinkan untuk Anda realisasikan. Dan berikut kita akan mengupas beberapa hal yang diharapkan bawahan Anda dari kepemimpinan Anda:

1. Tugas dan arahan yang jelas

Setiap tugas yang akan didelegasikan, harus dipastikan terlebih dahulu bahwa instruksi akan tugas yang Anda berikan jelas dan dapat dipahami dengan benar. Penjelasan yang jelas akan mempermudah dan mempercepat kinerja bawahan Anda dan membuat mereka nyaman ketika mengerjakan tugas yang didelegasikan padanya. Mengenai target waktu sebelum Anda pastikan waktunya, tanyakan kesanggupannya dan apa saja rencana kerjanya, lakukan negosiasi yang fair atas lama waktu pengerjaannya. Jika hal tersebut mendesak maka berikan tolerir atas pekerjaannya yang lain.

2. Manfaatkan kelebihan bawahan dengan tepat

Setiap bawahan memiliki kelebihannya masing-masing dan setiap dari mereka berharap bahwa atasannya memahami dan dapat mengendalikan mereka dengan tepat. Sebelum Anda mengetahui kelebihannya ajukan pertanyaan dasar atas apa hal yang dia kuasai dan ujilah. Jika memang dia memiliki kelebihan lain dari yang dia informasikan maka arahkan dan yakinkan dia untuk memanfaatkan kelebihan lainnya dan mempelajari sedikit demi sedikit hal baru lainnya

3. Berikan berjuta ilmu yang Anda miliki

Setiap bawahan yang memiliki keinginan maju dan bersaing secara sehat mereka pasti selalu membutuhkan hal baru dan metode yang lain dari biasanya. Ilmu yang Anda berikan tidak harus mengenai pelajaran atas pekerjaan yang Anda berikan asalkan ilmu tersebut dapat meningkatkan kinerja dan pencapaiannya. Yakinlah bahwa membagi ilmu yang Anda miliki akan melipat gandakan pemahaman dan penguasaan Anda dari sebelumnya, berbagi tidak akan mengurangi apa yang Anda kuasai namun akan lebih mempertajamnya.

4. Keterbukaan target yang Anda emban

Setiap tugas yang Anda berikan, sesekali mungkin menimbulkan keingintahuan bagi bawahan Anda untuk apa tugas ini Anda berikan. Maka sebaiknya sebelum Anda memberikan tugas, setidaknya jelaskan target yang dibebankan kepada Anda dan ajaklah bawahan Anda mencapainya secara bersama-sama. Jelaskan secara detail agar mereka memiliki rasa memiliki dan tanggung jawab atas tugas dan keinginan maju yang perusahaan harapkan.

5. Sesi 1 on 1

Jadwalkan 1 minggu 1 kali bertemu bawahan Anda untuk menanyakan mengenai pekerjaan, kehidupan pribadi dan sosial bawahan Anda secara pribadi. Buatlah Anda mengetahui dan mau mendengarkan keluhkesahnya. Berikan saran, masukan dan sedikit pencerahan bagi kendalanya agar pekerjaan yang diembannya sedikit lebih cepat terselesaikan dari pada sebelumnya. Namun luangkan waktu lain jika mereka membutuhkan kehadiran Anda diluar jadwal yang Anda buat.

6. Tampilkan best player of the moon

Jika perusahaan Anda memiliki sistem penilaian kinerja karyawan, hal ini akan mempermudah Anda dalam menilai dan menentukan siapa yang terbaik disetiap bulannya. Tampilkan profil mereka selama 1 minggu penuh pada ruangan kerja Departemen atau Divisi Anda, hal tesebut akan menimbulkan kebanggan dan keinginan untuk terus lebih baik dari yang Anda bayangkan, dan tentunya hal tersebut sama sekali tidak akan merugikan Anda maupun perusahaan kan?

7. Reward

Reward tidak selamanya dapat menjamin bawahan Anda akan bekerja dengan baik. Namun pemberian reward pada orang yang tepat atas pekerjaan yang dia lakukan hal tersebut akan menimbulkan kebahagiaan yang tiada tara. Dalam pemberian reward berikan hak mereka sesuai waktu yang Anda janjikan dan segerakan, jika Anda menundanya maka bawahan Anda akan memiliki alasan lain untuk tidak memperjuangkan pekerjaannya sebaik mungkin.

8. Berikan kenyamanan dalam perusahaan Anda

Ciptakan peraturan perusahaan yang balance antara kehidupan bekerja dan diluar kerja. Ketika jam kerja buat mereka melakukan pekerjaannya sebaik mungkin dan diluar pekerjaan support setiap kebutuhan dan keinginan mereka. Biarkan mereka bersosialisasi dengan dunia sekitar dan membawa kebahagiaan untuk esok harinya. Dan agar mereka tetap semangat sepanjang hari, buatlah keadaan senyaman mungkin dan biarkan mereka mengimprove meja kerja sesuai dengan keinginan mereka, namun peringatkan bahwa tidak ada satu barangpun yang tidak pada tempatnya.

9. Milikilah empati

Kejadian memalukan pastilah pernah dialami oleh semua orang dan mungkin bawahan Anda juga tak luput dari kejadian tersebut. Memang jika diceritakan kepada orang lain hal tersebut mungkin akan menimbulkan gelak tawa, namun tahukah Anda betapa memalukannya hal tersebut bagi bawahan Anda. Jika Anda mengetahui kejadian memalukan yang dialami oleh bawahan Anda maka simpanlah rahasia itu dan cobalah untuk berempati, tunjukkan simpati Anda untuknya agar bawahan Anda dapat kembali bersemangat dan melupakan hal memalukan yang pernah menimpanya.

Karyawan memiliki mimpi dan perusahaan juga memiliki mimpi, jika Anda kombinasikan dengan tepat kedua mimpi tersebut, maka mimpi lain yang mungkin tidak Anda bayangkan juga akan Anda rasakan. Jadi tunggu apalagi, yukk ajak karyawan Anda melakukan perubahan dengan memulai menerapkan sedikit keinginan mereka yang tercantum diatas. :)

Comments are closed.