Aliran Dana Asing Bikin IHSG Makin Kokoh

PT.Bestprofit – Aliran modal asing yang terus masuk ke Indonesia diprediksi membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tetap melaju di zona hijau. Sejak awal tahun, pelaku pasar luar negeri tak henti-hentinya memborong saham Indonesia.

William Surya Wijaya, Analis Indosurya Bersinar Sekuritas melihat indeks akan menguat dalam jangka menengah ditopang oleh aksi beli asing. Dengan begitu, terbuka peluang buat IHSG tembus ke level 6.400.

“Hal ini tentunya juga turut ditunjang oleh kuatnya fundamental perekonomian kita yang terlihat dari rilis data perekonomian yang terlansir,” papar William dalam risetnya, dikutip Kamis (10/1).

Pilihan redaksi
http://www.ptbestprofit.com
http://www.ptbestprofitfutures.com
http://www.pt-bestprofit.com

RTI Infokom mencatat asing beli bersih (net buy) di pasar reguler kemarin sebesar Rp500,1 miliar, sedangkan di seluruh pasar sebesar Rp836,77 miliar. Sementara, sepanjang pekan lalu pelaku pasar asing juga net buy Rp2,9 triliun.

“Hari ini IHSG berpotensi menguat, rentang pergerakan hari ini 6.123-6.421,” terang William.

Sementara itu, Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan berpendapat, IHSG sebenarnya sudah berada dalam area jenuh beli (overbought) dari kacamata teknikal. Maka itu, pasar saham dalam negeri diramalkan merah hari ini.

“Namun pelemahan diperkirakan terbatas didorong oleh kuatnya nilai tukar rupiah dan january effect,” ucap Dennies melalui risetnya.

Saat penutupan indeks saham kemarin, rupiah berada di level Rp14.125 per dolar Amerika Serikat (AS) atau menguat 0,14 persen. Sepanjang hari itu mata uang garuda tersebut bergerak dalam rentang Rp14.093-Rp14.182 per dolar AS.

Adapun, januari effect merupakan sebuah istilah yang menggambarkan penguatan sejumlah saham yang biasanya terjadi pada awal tahun. Dengan sentimen itu, pelaku pasar lokal dan asing termotivasi untuk belanja saham demi menikmati cuan.

Meski Dennies memproyeksi IHSG melemah, tapi dalam pergerakannya indeks berpotensi menginjakkan kaki di level 6.300. Menurutnya, rentang support pergerakan IHSG hari ini 6.236-6.254 dan resistance 6.300-6.328.

Sebagai informasi, IHSG kemarin ditutup di level 6.272, naik tipis 0,15 persen. Sebagian besar saham atau sebanyak 237 saham bergerak di zona hijau, 173 saham melemah, dan 134 sisanya stagnan.

Pergerakan positif juga terjadi di bursa saham Wall Street. Tadi malam Dow Jones ditutup menguat 0,39 persen, S&P500 0,41 persen, dan Nasdaq Composite 0,87 persen.

Comments are closed.