Android, selamat ulang tahun ke-10!

android-selamat-ulang-tahun-ke-10PT BESTPROFIT Sistem operasi paling banyak digunakan di smartphone, Android, hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke-10. Sistem operasi milik Google ini pertama kali hadir pada smartphone dengan model T-Mobile G1 dengan Android 1.0. OS yang tadinya penuh bug tersebut, kini jadi salah satu OS paling populer di dunia.

Penyebabnya Android jadi sangat populer, salah satunya adalah pembaruan software yang cukup cepat terutama untuk perangkat flagship, misalnya seri Motorola Droid dan Samsung Galaxy S. Sebagaimana dikutip Engadget, Senin, Android mulai populer sejak akhir 2010, sementara upgrade yang dilakukan kompetitor masih sebatas itu-itu saja. BEST PROFIT

Jika sebelumnya iPhone mengalahkan BlackBerry, OS Symbian dan Windows di ponsel justru tertinggal jauh dari Android. Oleh karena itu, banyak vendor perangkat mobile yang mulanya memakai Symbian atau Windows, mau tak mau harus mengadopsi Android untuk bisa bersaing dan relevan di pasaran. Kalau tak pakai Android, pasar pun tak memberi respon baik.

Kini, di 10 tahun kehadirannya, sudah ada lebih dari 2 miliar perangkat Android yang aktif. Yang paling penting, Android telah berkembang jauh tak hanya sebatas pada smartphone dalam satu dekade terakhir. Kamu bisa lihat Android telah bersarang di manapun. Sebut saja tablet, jam pintar, smart TV, belum lagi lemari es, oven, hingga headset VR. BESTPROFIT

Sudah berusia 10 tahun, kira-kira apa yang bakal terjadi pada Android dalam 10 tahun ke depan? Mungkin akan terus berkembang, sebab Google masih terus memfokuskan untuk adopsi Android di berbagai perangkat.

Comments are closed.