Apple Car di Tengah Jalan, CEO Volkswagen: Saya Tidak Takut

Herbert Diess, CEO grup otomotif raksasa asal Jerman, Volkswagen, mengatakan tidak takut dengan teknologi otonom dan mobil listrik ‘Apple Car’ yang kini masih dalam tahap pengembangan.

Apple diketahui sejak 2014 sudah fokus mengembangkan teknologi itu dalam ‘Project Titan’, kemudian sempat pudar karena berbagai alasan lantas dikabarkan kembali serius pada akhir tahun lalu. Apple dikatakan siap memproduksi mobil listrik otonom pada 2024, walau belum ada tanda-tanda yang meyakinkan.

Diess menuturkan saat ini mungkin waktu yang tepat bagi ‘perusahaan paling bernilai di dunia bermain di pasar mobilitas global senilai US$10 triliun.

 

Walau begitu Diess mengatakan tidak khawatir atas kedatangan Apple, yang lebih dikenal sebagai produsen iPhone, di industri otomotif. Dia juga bilang tidak khawatir Apple bakal mengganggu dominasi Volkswagen.

“Industri mobil bukanlah tipikal sektor teknologi yang dapat diambil alih dengan satu pukulan, Apple tidak bakal mengaturnya dalam waktu satu malam,” ujar Diess seperti dikutip dari CNN, Senin (15/2).

Volkswagen sudah menetapkan target menjadi pemain besar saat industri otomotif berubah mengarah ke teknologi listrik. Pada 2020, Volkswagen menjual 231.600 mobil listrik dan bersiap menjadikannya berlipat pada tahun-tahun berikutnya.

“Kami tidak takut,” kata Diess menanggapi pertanyaan soal kompetisi dengan Apple.

Pada awal Januari Apple dikabarkan tengah menjajaki kerja sama dengan Hyundai untuk memproduksi mobil listrik dan mengembangkan otonom. Namun kerja sama ini tidak berlanjut ke tahap apapun.

Selain itu Apple juga diketahui mendekat ke Nissan, namun Nissan sudah menyangkalnya.

1Pingbacks & Trackbacks on Apple Car di Tengah Jalan, CEO Volkswagen: Saya Tidak Takut