Arti Masyarakat Ekonomi Asean Untuk Pebisnis di Indonesia

Masyarakat Ekonomi Asean Banyak Dibicarakan. Sebenarnya, Apa Artinya Bagi Pebisnis di Indonesia?

BESTPROFIT PEKANBARU – Anda mungkin kurang mengetahui kalau tahun 2015 mendatang, Indonesia bersama negara-negara ASEAN lainnya telah menyepakati perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC). Lalu apa arti masyarakat ekonomi ASEAN?

Diverse business group meeting

Arti Masyarakat Ekonomi ASEAN

Pada KTT pada tahun 1997 di Kuala Lumpur, para pemimpin setiap negara pada saat itu ingin mengubah ASEAN menjadi kawasan yang stabil, makmur dengan perkembangan ekonomi yang adil, mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial ekonomi pada tahun 2020 dengan sebutan ASEAN Vision 2020. Tetapi setelah KTT ASEAN ke-12 pada tahun 2007 para pemimpin  ASEAN sepakat tentang percepatan pembetukan komunitas ASEAN    pada tahun 2015.

Visi dari Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah realisasi tujuan akhir dari integrasi ekonomi yang dianut dalam ASEAN Vision 2020 yaitu untuk mengubah  ASEAN menjadi daerah dengan perdagangan bebas barang, jasa, investasi, tenaga kerja terampil dan aliran modal yang lebih bebas.

Anda sudah tahu kan arti Masyarakat Ekonomi ASENAN. Banyak keuntungan sebenarnya bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN. Anda perlu tahu beberapa keuntungan tersebut.

1.       Pengiriman barang antar negara jadi lebih mudah

Dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN akan memiliki sistem yang dapat memantau pergerakan barang di atau dari negara-negara ASEAN. Selain itu, karena perdagangan bebas barang atau jasa, izin ekspor akan lebih mudah dan cepat. Bagi Anda yang berbisnis dan sering mengeskpor ke luar negeri khususnya ASEAN, ini akan menghemat waktu dan biaya eskpor.

2.       Adanya Free Trade Area

Apa itu ASEAN-FTA (Free Trade Area)? Ini adalah sistem baru yang akan hadir di Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, yaitu sertifikasi pengekspor untuk keaslian produk mereka sendiri. Selain lisensi keaslian tersebut, Anda juga dapat menikmati tarif ekspor tersendiri. ASEAN-FTA akan memundahkan Anda sebagai pebisnis yang ingin mulai mengeskpor barang ke negara ASEAN.

3.       Standard kualitas produk akan disamakan

Pada Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 akan ada standarisasi produk pada seluruh ASEAN. Ini dilakukan agar setiap negara yang mempunyai produk dengan kualitas tinggi bisa menyelaraskan kualitasnya dengan produk yang sama dengan negara-negara lain. Sertifikasi standarisasi ini tetapi masih belum ada kabar pasti.

4.       Masuknya sektor swasta

Anda pasti mengira bahwa masuknya sektor swasta di Indonesia pada Masyarakat Ekonomi ASEAN akan merugikan pebisnis. Padahal jika melihat keuntungannya, jika Anda merupakan pelaku bisnis Baru maka bisnis Anda kemungkinan bisa diinvestasi oleh perusahaan swasta dalam negeri atau asing.

5.       Pembentukan karakteristik utama Masyarakat Ekonomi ASEAN

Ini adalah yang paling penting dari arti Masyarakat Ekonomi ASEAN, yaitu pasar dan basis produksi tunggal. Antara lain arus lalu lintas barang, kebebasan arus pelayanan, alur bebas investasi, alur modal yang lebih bebas. Selain itu ada penciptaan kawasan ekonomi kreatif dan wilayah pembangunan ekonomi yang merata.

Sumber : Studentpreneur

Comments are closed.