Aussie Bergerak Melemah Imbas Mantapnya Momentum Menguat Dollar AS

AustralianDollar4Bestprofit Pekanbaru – Pada perdagangan hari ini nilai tukar ausie terus mengalami penurunan terhadap dollar AS (21/8). Mata uang Australia ini terus mengalami tekanan di tengah spekulasi bahwa bank sentral Amerika Serikat akan segera menaikkan suku bunga acuannya. Dollar sedang berada dalam momentum menguat terhadap rival-rivalnya.

Indeks dollar mengalami kenaikan hingga mencapai posisi paling tinggi dalam enam bulan belakangan pada perdagangan hari ini. Para pelaku pasar menantikan pertemuan tahunan para petinggi bank sentral di Jackson Hole, Wyoming yang akan berlangsung mulai malam nanti.

Pada rilis catatan rapat Fed dini hari tadi terungkap bahwa beberapa petinggi bank sentral sudah menginginkan kenaikan suku bunga secara terukur karena pemulihan ekonomi Amerika Serikat sudah cukup baik. Diperkirakan Fed akan segera merealisasikan kenaikan suku bunga acuan dalam waktu dekat. Sementara itu RBA mengatakan bahwa suku bunga rendah masih akan dipertahankan untuk jangka waktu yang belum ditentukan.

Hari ini dollar Australia berada pada posisi 0.9253 dollar AS. Aussie mengalami pelemahan amat tajam dibandingkan dengan penutupan perdagangan dini hari tadi yang berada pada posisi 0.9287 dollar AS. Posisi aussie sempat mengalami penurunan ke level 0.9237 dollar AS yang paling rendah sejak tanggal 3 Juni yang lalu.

Analis memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar aussie terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kondisi melemah signifikan. Nilai tukar mata uang Australia tersebut hari ini berpotensi bergerak pada kisaran 0.9210 – 0.9285 dollar AS.

Comments are closed.