Aussie Bergerak Positif Imbas Ekspansi Ekonomi Q2

AustralianDollar4Bestprofit Pekanbaru – Pada perdagangan hari ini nilai tukar aussie tampak mengalami pergerakan yang cenderung menguat terhadap dollar AS (3/9). Aussie mengalami kenaikan signifikan ditopang oleh rilis data dari dalam dan luar negeri yang memberikan arahan positif bagi pergerakan aussie.

Dari dalam negeri data pertumbuhan ekonomi kuartal kedua di Australia menunjukkan kenaikan sebesar 0.5 persen (q/q). Pertumbuhan tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan ekspektasi pertumbuhan sebesar 0.4 persen.

Sementara itu data indeks non manufaktur Tiongkok untuk bulan Agustus lalu mengalami kenaikan dibandingkan dengan PMI bulan Juli. PMI sektor jasa di Tiongkok berada di level 54.4 poin yang mengindikasikan pertumbuhan yang solid pada sektor jasa.

Data PMI jasa dari HSBC juga mengalami kenaikan menjadi 54.1 poin pada bulan Agustus. Pada bulan Juli lalu PMI jasa HSBC berada di level 50.0.

Selasa pagi ini aussie terpantau sempat mencapai posisi 0.9303 dollar AS, naik tajam dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 0.9275 dollar AS. Akan tetapi saat ini aussie bergerak terbatas dan hanya berada di level 0.9280 dollar AS.

Analis memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar aussie terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini berpotensi mengalami kenaikan lanjutan karena sentiment positif cukup kuat. Mata uang Australia tersebut berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 0.9250 – 0.9330 dollar.

Comments are closed.