Awas, IHSG masih rawan koreksi

Bestprofit-futures : JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). IHSG ditutup terjun 3,19% ke level 4.483,08. Lanjar Nafi Taulat, Analis Reliance Securities menuturkan pada perdagangan Selasa hanya sektor pertanian yang bertahan di area positif.

JAKARTA,06/10-IHSG MELAJU KENCANG. Seorang sedang mengamati layar pergerakan indeks saham di Jakarta, Selasa (06/10). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melaju kencang hingga penutupan sesi I hari ini (6/10). Berdasarkan data RTI, indeks tercatat naik 2,16% menjadi 4.456,91. Ada 192 saham yang melesat. Sedangkan 92 saham tercatat turun dan 66 saham lainnya diam di tempat. KONTAN/Fransiskus Simbolon/06/10/2015

 

Investor cenderung merealisasikan keuntungan setelah IHSG menguat signifikan lebih dari sepekan. Terlihat beberapa saham sudah jenuh beli dan wajar bila terjadi aksi profit taking. Investor asing pun tercatat net sell sebesar 346.08 Miliar rupiah pada perdagangan hari ini.

Di sisi lain, bursa saham di Asia terkoreksi setelah sepekan lebih mengalami penguatan yang cukup signifikan pasca melemahnya USD.Aksi ambil untung investor pun ikut menjadi faktor pelemahan Indeks Asia.

Sementara, indeks saham di Eropa dibuka terkoreksi cukup dalam dengan rata 1% setelah sentimen data ekonomi yang cukup mengecewakan dimana tingkat kepercayaan konsumen melemah hingga dilevel terendah dalam satu tahun terakhir.Tingkat ekspor yang turun di Jerman memacu pelemahan tingkat kepercayaan investor.

Sentimen selanjutnya saat market Indonesia libur diantaranya adalah tingkat inflasi di seluruh dunia, indeks harga barang produksi, komposisi capital in flow di China, dan tingkat penjualan ritel di AS.

Sedangkan, dari dalam negeri data neraca perdagangan akan rilis pada hari kamis, ekspektasinya cukup mengkhawatirkan lantaran ekspor Indonesia diprediksi masih mengalami penurunan. Secara teknikal IHSG mengkonfirmasi pergerakan memantul resistance bearish trend dengan break out support dan menguji level support MA50.

Indikator stochastic telah memberikan signal bearish terlebih dahulu dengan pola dead-cross kemarin dengan konfirmasi momentum RSI yang menukik dari area jenuh beli. Mengacu hal tersebut, Lanjar memprediksi besok IHSG masih berpeluang terkoreksi.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/awas-ihsg-masih-rawan-koreksi

Comments are closed.