Awasi Perburuan Liar, Serdadu Inggris Tewas Diserang Gajah

Seorang tentara Inggris, Matthew Talbot, dilaporkan tewas akibat diserang gajah saat sedang mengawasi perburuan liar di Malawi. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (5/5) pekan lalu.

Belum jelas bagaimana peristiwa itu terjadi. Namun, Talbot saat itu memang sedang ditugaskan di Malawi.

Seperti dilansir CNN, Rabu (8/5), Letnan Kolonel Ed Launders selaku komandan Talbot mengenalnya sebagai seorang yang bertekad dan berhati besar. Talbot juga telah mengabdikan diri untuk melayani negara.

Pengakuan lain datang dari ketua kompi, Mayor Richard Wright, yang mengatakan Talbot sungguh berani merelakan nyawanya demi melindungi satwa langka tersebut agar tetap hidup di masa mendatang.

Malawi menjadi lokasi pertama di mana Talbot ditugaskan. Menurut penuturan Sekretaris Menteri Pertahanan Inggris, Penny Mordaunt, saat menjalankan tugasnya dalam menentang perburuan liar, Talbot tergolong berani.

“Insiden tragis ini menjadi peringatan akan bahaya besar yang dihadapi tentara kita dalam melindungi satwa yang terancam punah akibat perburuan liar oleh para oknum yang hanya mencari keuntungan,” ujar Mordaunt.

Populasi gajah di Afrika mulai menurun drastis diakibatkan hilangnya habitat dan perburuan liar.

Pada 2016, sebuah survey di seluruh benua menunjukkan adanya penurunan besar-besaran dari 1.3 juta ekor pada 1979 dan kini menjadi 350 ribu ekor, jauh lebih rendah dari yang diperkirakan.

Comments are closed.