Belum Ada Restu Anies, Mal Batal Buka 5 Juni

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) memastikan mal tidak akan buka pada 5 Juni 2020 seperti rencana kesiapan yang sempat diungkapkan beberapa waktu lalu. Sebab, sampai saat ini belum ada restu dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Sudah hampir pasti tidak jadi tanggal 5 Juni,” ungkap Ketua Umum APPBI Stefanus Ridwan

Rabu (3/6).

Stefanus mengatakan pengusaha mal sejatinya sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait rencana operasional mal. Begitu pula dengan protokol kesehatan nasional yang sekiranya harus diterapkan ketika operasional mal berjalan lagi.

Hanya saja, sampai saat ini belum ada keputusan terkait hal tersebut. Begitu pula dengan kepastian status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota.

“Pada intinya mal baru akan dibuka kalau sudah diizinkan oleh Bapak Gubernur. Kami tunggu pengumuman resmi gubernur saja,” ucapnya.

Di sisi lain, Stefanus mengaku belum mengetahui kabar terbaru soal keputusan Anies terkait PSBB DKI Jakarta. “Belum tahu,” imbuhnya.

Sebelumnya, Anies mengumumkan perpanjangan PSBB tahap ketiga dari 22 Mei sampai 4 Juni 2020. Setelah 4 Juni 2020, seharusnya PSBB sudah tidak berlaku lagi, kecuali Anies mengumumkan lagi perpanjangan tahap keempat.

Kendati begitu, Anies menegaskan belum ada keputusan mengenai operasional mal yang kembali dibuka dalam waktu dekat, meski PSBB DKI berakhir.

“Kalau saat ini ada yang mengatakan mal buka tanggal 5, itu imajinasi itu fiksi, karena belum ada aturan manapun yang mengatakan bahwa PSBB diakhiri,” kata Anies.

1Pingbacks & Trackbacks on Belum Ada Restu Anies, Mal Batal Buka 5 Juni