Berpromosi Secara Ampuh di Media Sosial

79276088112-jejaringBestprofit Pekanbaru – Banyak sekali media sosial di dunia. Saking banyaknya, Anda seringkali bingung harus pakai yang mana untuk marketing Anda. Sehingga upaya marketing Anda tidak terfokus, atau justru cuma ikut-ikutan pakai yang mainstream saja. Apa yang seharusnya Anda lakukan?

Wajib Bergabung dengan ‘Big Four’ Ini

Saat ini, ada empat situs yang berkuasa di media sosial. Situs-situs tersebut sangat penting, terlepas dari audiens, model bisnis, dan strategi Anda. Anda perlu bergabung dengan mereka. Di antaranya:

1. Facebook

Facebook memiliki lebih dari 1,3 miliar pengguna, basis terbesar dari seluruh jaringan sosial. Dalam sejarah sepuluh tahun, ia telah menjadi pelengkap dalami pengalaman online setiap hari. Hampir setengah dari semua pengguna Facebook aktif setiap hari. Ketika mereka mengunjungi Facebook, mereka menghabiskan rata-rata 18 menit per kunjungan. Pengguna ini tidak hanya update profil atau melihat foto saja. Akan tetapi setiap pengguna juga terhubung ke rata-rata 80 halaman, group, atau event.

2. Twitter

Rata-rata pengguna, memiliki 208 pengikut, 307 tweets, dan 170 menit di Twitter setiap hari. Artinya pengguna Twitter adalah segmen pasar yang penuh potensi. Sekitar setengah dari pengguna Twitter menggunakannya setiap hari, dan setidaknya 29% dari pengguna Twitter akan aktif beberapa kali sehari. Lead generation di Twitter memang tidak sebaik perannya sebagai platform loyalitas merek. Misalnya 85% dari pengguna Twitter merasa lebih terhubung ke bisnis setelah mereka mengikuti bisnis tersebut di Twitter. Konten yang baik akan menimbulkan rentetan follow dan retweets, akan tetapi biasanya pelanggan yang sudah ada lah yang akan follow merek favorit mereka.

3. LinkedIn

Setiap detik, dua orang bergabung di LinkedIn. Sekarang, dengan lebih dari 270 juta pengguna, LinkedIn adalah kekuatan yang layak diperhitungkan. Menurut Search Engine Journal, pemasar mencintai Twitter, Facebook, dan Google+. Mereka meninggalkan LinkedIn. Tapi di sini celahnya. LinkedIn adalah platform untuk pemasaran B2B, bukan B2C. Basis pengguna mereka adalah profesional.

4. Google+

Pemasar melabeli 2014 sebagai tahunnya Google+. Google+ adalah game changer dalam lanskap media sosial. Ketika Anda menggabungkan Google Authorship dengan mesin pencari yang dominan di dunia, dan menciptakan sebuah platform media sosial yang mengintegrasikan mereka, maka tidak mengherankan kalau Google+ mendominasi interaksi sosial online. Google+ juga menemukan sweet spot dalam kolaborasi sosial melalui fitur Hangouts. Jelas sekali, Google+ bukan jaringan sosial untuk dilupakan. Dia memiliki dukungan algoritma yang paling berpengaruh di dunia marketing, algoritma Google.

Periksa Semua ‘Lesser Three’ Ini

Situs media sosial ini juga sangat besar. Disebut “lesser three ” hanya karena mereka bukan bagian dari empat besar. Akan tetapi, kami juga sangat menganjurkan Anda untuk hadir di dalamnya.

1. Pinterest

Menurut sebuah studi awal tahun ini, Pinterest resmi menjadi platform berbagi yang lebih populer daripada email. Pinterest memiliki pendapatan tertinggi per klik daripada jaringan berbagi sosial lainnya. Di awal hidupnya, Pinterest mendapat label sebagai platform sosial bagi perempuan. Akan tetapi sekarang, perempuan hanyalah setengah dari pinner Pinterest, kemiringan gender di situs ini sekarang tidak jauh beda dari media sosial lainnya.

2. Instagram

Instagram adalah sebuah platform visual. Gambar mendapatkan 5x keterlibatan yang lebih tinggi di Twitter, dan foto membentuk 93% posting paling menarik di Facebook. Dengan Instagram, semuanya adalah foto dan video. Beberapa pemasar media sosial beranggapan bahwa Instagram hanya melayani keperluan merek dengan konten yang berat di gambar seperti National Geographic. Tentu, channel National Geographic di Instagram adalah killer, dan mereka punya basis 4,8 juta pengikut yang kuat. Namun, ada pula pelatih kebugaran, penjual buku, pembicara konferensi, coders, desainer video game, perusahaan SEO, dan akuntan yang sukses membuat lekuk di alam semesta Instagram.

3. YouTube

YouTube memiliki posisi dibedakan menjadi mesin pencari terbesar kedua di dunia. Itu bukan prestasi kecil, mengingat bahwa Bing dan Yahoo telah berlomba-lomba (gagal) untuk posisi tersebut. YouTube melakukannya bahkan tanpa berusaha. Tapi, meskipun pretensi sederhana untuk pencarian besar-besaran, YouTube adalah hit ketika datang ke menonton video. Jelas. Bahkan, YouTube mencapai lebih dewasa AS daripada jaringan kabel. Beberapa merek meminjamkan diri video virality lebih dari yang lain, tapi merek apapun dapat memposting video. Sebuah video tidak harus mahal atau mewah agar efektif dalam promosi merek. Perlu di YouTube.

Gabung di Dua dari Tiga Media Sosial Ini

Kategori berikutnya adalah situs media sosial yang sedang berkembang. Namun, sebagai platform pemasaran media sosial, keuntungan mereka datang dalam ceruk sub komunitas dari orang-orang dengan kepentingan yang sama. Di Facebook, Anda mungkin bersosialisasi dengan orang yang bersekolah dengan Anda, teman-teman masa lalu dan sekarang. Pada Tumblr, Anda akan berinteraksi dengan orang-orang yang berbagi minat dengan Anda, misalnya, memotret kucing. Dalam hal ini, audiens Anda mungkin lebih kecil, akan tetapi lebih terfokus.

1. Tumblr

Meskipun secara teknis dia adalah “platform blogging”, Tumblr telah bertumbuh sebagai media sosial. Tahun lalu, pageview Tumblr melonjak lebih dari 5 miliar. Dengan postingan pintar dan konsisten, banyak pemasar yang menemukan bahwa Tumblr adalah tempat yang ideal untuk membuat pengaruh. Beberapa pemasar bahkan menjadikan Tumblr sebagai tuan rumah blog perusahaan mereka.

2. StumbleUpon

Untuk pemasaran konten, StumbleUpon adalah juaranya. SocialMediaExaminer menyebut StumbleUpon sebagai sebuah “mesin penemuan konten”. StumbleUpon mengurutkan konten setiap pengguna berdasarkan kategori dan jumlah acungan jempol ke atas dan jempol ke bawah. Dengan indeks yang terus tumbuh, dan basis pengguna yang terus berkembang, StumbleUpon punya potensi yang besar.

3. Reddit

Reddit pada dasarnya adalah sebuah situs berita. Tetapi sebagai sebuah situs berita media sosial, ia memiliki daya tarik yang lebih dari sekedar “berita utama”. Dari semua situs media sosial, Reddit memiliki persentase pembaca berita tertinggi: 62% menurut para peneliti dari PEW. Untuk menggunakan Reddit dengan lebih efektif, rahasianya adalah menciptakan keterlibatan pada subreddits, komunitas target Anda. Kemudian, buat berita utama dan promosi untuk menciptakan cerita yang relevan.

Ganakan Salah Satu dari Niche Site Ini

Terakhir, adalah mengeksplorasi niche Anda di lanskap media sosial. Berikut ini adalah beberapa situs niche yang cukup populer. Lupakan jutaan pengikut dan penggemar. Di sini tentang target audiens Anda:

1. Untappd – Pecinta bir.

2. Behance.net – Profesional kreatif.

3. Care2 – Green lifestyle.

4. Goodreads – Orang yang suka membaca.

5. MeetPips – Forex trader.

6. Ravelry – Knitter.

7. Gentlemint – Pinterest untuk pria.

Cara terbaik untuk menemukan situs sosial yang sesuai dengan niche Anda adalah dengan Googling. Anda akan menemukan sesuatu.

Comments are closed.