4 Bahaya jika Indonesia berhenti berutang pada asing

4

Best Profit | 4 Bahaya jika Indonesia berhenti berutang pada asing

 

PT Bestprofit Futures PekanbaruPresiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah menjalankan roda pemerintahan selama 2 tahun. Sejak awal, Jokowi-JK selalu menyerukan soal konsep Nawacita dan ajaran Trisakti Bung Karno yang akan dijalankan pemerintahannya.

Bicara soal ajaran Trisakti Bung Karno, ada tiga hal yang harus jadi pegangan yakni berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam budaya. Selama menjalankan roda pemerintahan, Presiden Jokowi justru dinilai semakin jauh dari konsep Trisakti dan Nawacita.

Soal Presiden Jokowi, Bu Mega pasti sering bisiki jangan lupa Trisakti ajaran Bung Karno. Lalu kami bingung di mana trisaktinya? Kayak utang kita udah mulai lebih tinggi dari zaman SBY,” kata pengamat politik Tjipta Lesmana.

Presiden Jokowi bicara blak-blakan soal utang Indonesia kepada lembaga-lembaga keuangan internasional. Jokowi menyebut, utang Indonesia masih saat ini masih cukup besar mencapai Rp 2.600 triliun. Utang itu terdiri dari utang bilateral ke negara-negara lain, maupun ke World Bank dan Asian Development Bank (ADB).

Ya kita blak-blakan saja, memang itu. Yang paling penting dihitung. Sebetulnya utang itu juga tidak apa-apa kok, kita jangan terus alergi utang, enggak. Utang itu tidak apa-apa asal dipakai untuk produktivitas, untuk hal-hal yang produktif,” kata Presiden Jokowi.

Kemudian, dana tebusan dari Tax Amnesty yang sudah masuk sekitar Rp 97 triliun akan dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Selain itu, katanya, pemerintah akan mengevaluasi dana yang diberikan untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui pemanfatan Penyertaan Modal Negara (PMN).

Kuartal kedua lalu Pertumbuhan ekonomi sangat tinggi, kuartal ketiga barangkali lebih rendah. Namun, kami lakukan langkah-langkah persiapan agar tidak menciptakan kondisi seolah-olah tren menurun,” ujarnya di Kementerian Keuangan

PT Bestprofit Futures

Comments are closed.