Euro diuntungkan wacana naiknya suku bunga ECB

FILE PHOTO: A photo illustration shows Euro banknotes, January 26, 2015. REUTERS/Dado Ruvic/File Photo

 

Best Profit | Euro diuntungkan wacana naiknya suku bunga ECB

 

Best Profit – JAKARTA. Rencana pembahasan kenaikan suku bunga European Central Bank (ECB) rupanya berhasil membuat euro berhasil menguat. Euro terlihat mengungguli yen. Mengutip Bloomberg, Selasa pukul 20.15 WIB pasangan EUR/JPY menguat tipis 0,22% ke level 122,12 dari hari sebelumnya.

Agus Chandra, analis PT Monex Investindo Futures pun melihat penguatan pasangan EUR/JPY dipengaruhi oleh pernyataan ECB. Hanya saja menjelang sore, penguatan pasangan ini mulai terbatas. Menurutnya pernyataan beberapa petinggi ECB yang membantah rencana pembahasan kenaikan suku bunga sebelum program stimulus berakhir cenderung melemahkan posisi euro.

Sementara untuk yen posisinya sendiri sebenarnya cukup stabil karena belum banyak faktor yang mempengaruhi,” paparnya kepada KONTAN, Selasa. Tanpa sajian data ekonomi dari Jepang, Agus melihat penguatan yen terjadi karena meningkatnya pamor sebagai save haven. Persetujuan RUU Brexit oleh Parlemen Inggris kembali memperkuat kekhawatiran proses Brexit.

Rencananya akhir bulan ini pemerintah Inggris akan memulai proses artikel 50. Namun untuk Rabu ia melihat adanya peluang pergerakan pasangan EUR/JPY akan berbalik arah. Euro dianggap masih dibayangi sentimen negatif dari kondisi geopolitik menjelang pemilu di Belanda dan Prancis.

Tanpa sajian data ekonomi dari Jepang, Agus melihat penguatan yen terjadi karena meningkatnya pamor sebagai save haven. Menurutnya pernyataan beberapa petinggi ECB yang membantah rencana pembahasan kenaikan suku bunga sebelum program stimulus berakhir cenderung melemahkan posisi euro.

Best Profit

Comments are closed.