Huawei dan Xiaomi rilis ponsel penantang iPhone dan Samsung

FILE PHOTO: Visitors walk past Huawei's booth during Mobile World Congress in Barcelona, Spain, February 27, 2017. REUTERS/Eric Gaillard/File Photo

PT BESTPROFIT Dua pabrikan ponsel asal China, Huawei dan Xiaomi meluncurkan ponsel pintar yang digadang-gadang menjadi pesaing iPhone X dan Samsung Galaxy S9. Keduanya meluncurkan ponsel buatannya hampir bersamaan, hari Selasa di Shanghai.

Mengutip Bloomberg, Selasa, Huawei meluncurkan Huawei-P20 dengan layar 6,1 inci dan memiliki tiga lensa kamera, satu untuk warna, satu untuk bidikan hitam-putih dan satu lagi dirancang untuk close-up. Teknologi untuk kamera yang diterapkan Huawei ini sedikit banyak meniru iPhone X, walaupun tidak mirip-mirip amat.

Pabrikan ponsel yang memiliki pangsa pasar global 11% ini tampaknya memang serius ingin menyalip Apple Inc dan Samsung, yang masing-masing memiliki pangsa pasar global 15% dan 22%. BEST PROFIT

Ambisi Huawei ini boleh dikata terlalu tinggi. Pasalnya, Huawei tengah dirundung masalah seperti, diputusnya kontrak kerja sama oleh Best Buy sehingga Huawei kehilangan jaringan distributor langsung ke Amerika Serikat (AS) serta himbauan sejumlah lembaga AS yang mengimbau masyarakat AS untuk tidak menggunakan produk Huawei.

Meski begitu, Huawei tetap optimis sebab masih ada kanal penjualan via daring lewat Amazon serta masih ada satu jaringan distribusi di AS yang tetap setiap dengan Huawei, yakni Walmart.

Sementara, Xiaomi di saat yang hampir bersamaan juga meluncurkan ponsel pintarnya, yakni MIX 2S. Ponsel ini memiliki layar 6 inci tanpa bingkai, badan keramik, prosesor dan kamera ganda terbaru dari Qualcomm. MIX 2S merupakan ponsel layar lebar ketiga Xiaomi

Lewat produk baru ini, Xiaomi ingin mencoba semakin agresif di pasar luar negeri, setelah melewati “pertempuran” yang melelahkan di pasar China dengan kompatriotnya seperti Huawei, Oppo dan Vivo. Nah, MIX 2S akan menjadi ujung tombak Xiaomi mendobrak pasar global. BESTPROFIT

Mengutip Bloomberg, Selasa, acara peluncuran yang dibuka oleh co-founder Xiaomi, Lei Jun, terang-terangan membandingkan antara iPhone X dan MIX 2S. Menurut Lei, iPhone X memiliki beberapa kekurangan seperti baterai cepat panas kala digunakan untuk bermain games dan asisten AI, Siri yang dianggapnya kalah dibandingkan asisten AI MIX 2S.

Kami membandingkan iPhone X karena banyak orang mengatakan iPhone X adalah ponsel terbaik. Kami hanya ingin menunjukkan bahwa fitur kami telah melampaui iPhone X,” kata Lei, dilansir dari Bloomberg.

Comments are closed.