Jepang umumkan inflasi, penjualan retail, industri

Japan's national flag is seen in front of containers and cranes at an industrial port in Tokyo, Japan, January 25, 2017. REUTERS/Kim Kyung-Hoon

 

Best Profit | Jepang umumkan inflasi, penjualan retail, industri

 

Best Profit – TOKYO. Jepang mengumumkan sejumlah data ekonomi pagi ini, Jumat. Beberapa data meleset dari perkiraan pasar sementara penjualan ritel menunjukkan perbaikan. Inflasi inti Jepang, yang memasukkan hitungan harga energi dan tidak ada harga bahan makanan segar, menunjukkan kenaikan 0,2% pada bulan Maret 2017 dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Indeks harga konsumen inti ini meleset ketimbang perkiraan rata-rata ekonom yaitu 0,3%. Meski begitu, pertumbuhan core CPI ini merupakan yang tercepat sejak April 2015. Dalam dua tahun terakhir, inflasi Jepang merayap dekat 0%, sementara Bank of Japan (BOJ) menargetkan pertumbuhan ambisius 2%. Selain itu, produksi industri Jepang turun 2,1% pada bulan Maret dibanding bulan sebelumnya.

Bukan hanya meleset dari perkiraan polling Reuters yaitu terjadi penurunan 0,8%, data ini memberi sinyal ada pelambatan sementara di produksi industri. Pada bulan Februari, industri di Jepang masih mencatat kenaikan 3,2% hasil produksi dibanding Januari. Dari hasil survei yang dilakukan Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, korporasi memperkirakan ada kenaikan 8,9% produksi pada April dan penurunan 3,7% lagi pada Mei.

Yang cukup tak terduga adalah kenaikan penjualan retail Jepang yaitu sebesar 2,1% di bulan Maret dibanding setahun sebelumnya. Pasar memperkirakan sebelumnya kenaikan hanya 1,5%. Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi juga membawa kabar baik yaitu tingkat pengangguran bertahan di level 2,8% pada bulan Maret. Angka ini juga lebih baik ketimbang perkiraan ekonom yaitu 2,9%.

Best Profit

Comments are closed.