Mahasiswa UI ciptakan helm anti kantuk buat tekan angka kecelakaan

mahasiswa

Best Profit | Mahasiswa UI ciptakan helm anti kantuk buat tekan angka kecelakaan

 

Best Profit – Rasa kantuk adalah hal wajar. Masalah tidak wajar adalah ketika mengantuk tapi tetap memaksakan diri mengendarai motor. Mengantuk saat mengendarai motor kerap menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. Atas persoalan itu, muncul ide dari mahasiswa Universitas Indonesia (UI) membuat helm anti kantuk bernama ‘Buzzer’.

Helm ini dianggap ampuh mengatasi rasa ngantuk saat mengendarai motor. Helm ini diciptakan untuk mendeteksi kondisi kantuk dialami pengendara, lalu menggetarkan pengendara agar terjaga dari kantuknya.

Angela Shinta, salah satu anggota tim mengatakan, kantuk merupakan penyebab kecelakaan kendaraan bermotor sulit diatasi. Ini karena kantuk termasuk kondisi sifat alami manusia. Menjadi berbahaya ketika kantuk datang di saat tengah mengemudi,” kata Angela, Selasa .

Cara kerjanya Buzzer, yakni mendeteksi gejala kantuk melalui detak jantung dan gelombang otak. Detak jantung dideteksi dengan menggunakan pulse sensor, sedangkan frekuensi gelombang otak dideteksi dengan menggunakan Electroencephalogram (EEG). Melalui kerangka EEG, data array didapat dan pulse sensor mendapatkan denyut jantung,” kata Roy Maryo, anggota tim lainnya.

Pola data dikirim dan diterima Arduino Uno. Micro controller ini menangkap sinyal berupa frekuensi gelombang otak dan detak jantung. Lalu mengubah data array menjadi hertz, serta membaca kecepatan denyut jantung. Dengan menggunakan program pola, akan diketahui apabila detak jantung kurang dari 80 bpm (beats per minute) dan frekuensi gelombang mencapai theta (4-8 hertz). Hal tersebut merupakan indikasi terjadinya kantuk.

Jika hal itu terjadi, gelombang akan diubah menjadi perintah bagi motor penggetar untuk memberikan getaran. Motor penggerak menjadi aktif dengan tingkat getaran tertentu untuk membuat pengendara kembali sadar dalam berkendara. Output-nya, alat mengirimkan peringatan berupa getaran bagi pengemudi agar kembali pada posisi sadar, pungkasnya.

Best Profit

Comments are closed.