Telkom tak siapkan pendanaan khusus untuk Telkom 4

telkom

PT Best Profit Futures Pekanbaru PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) menargetkan perbaikan satelit Telkom 1 akan rampung dalam waktu dekat. TLKM juga menyiapkan pengganti satelit Telkom 1, yakni Telkom 4. Satelit tersebut siap meluncur pada Agustus 2018. Manajemen TLKM mengatakan,  kontrak pembuatan satelit ini sudah diteken tahun lalu dan memakan waktu 30 bulan sebelum bisa diluncurkan.

Demi meluncurkan satelit baru ini, TLKM mesti menggelontorkan dana US$ 200 juta. Meski menelan dana besar, TLKM tak menyiapkan pinjaman khusus terkait pendanaan satelit ini. “Konsepnya tidak ada project financing, tapi TLKM setiap tahun ada pinjaman ke bank yang digunakan. Salah satunya untuk mendukung pendanaan sebagian dari investasi Telkom,” ungkap David Bangun, Direktur Digital and Strategic Portofolio TLKM kepada KONTAN.

Terkait anomali satelit Telkom 1, hingga Selasa pukul 10.00 WIB, manajemen TLKM telah memulihkan 7.658 site dari total 11.574 site Very Small Aperture Terminal (VSAT) ATM perbankan. TLKM juga merampungkan 100% site layanan broadcaster dengan total 355 site. Hingga Selasa, realisasi pemulihan site pelanggan telah mencapai 71% dari total 15.000 site.

Analis Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada menilai, dengan ekspansi dan penggantian satelit, TLKM punya potensi cerah. Meski membebani utang jangka pendek nantinya, Reza percaya TLKM bisa tepat waktu mengurangi utangnya. “Ekspansi justru membuat prospek TLKM semakin dilirik, karena yang menjadi motor penggeraknya kan kemajuan teknologi yang mereka pakai, dengan investasi seperti jangkauan pelayanan yang akan lebih luas,” kata Reza.

Menurut dia, saat ini bisnis TLKM sudah cukup baik. Bahkan jika TLKM bisa mempertahankan pangsa pasar saat ini, maka prospek perusahaan pelat merah ini semakin baik. Reza masih merekomendasikan buy saham TLKM dengan target Rp 5.250 per saham. Harga saham TLKM pada Jumat lalu ditutup meningkat 0,43% jadi Rp 4.720 per saham. Sejak awal tahun ini, harga TLKM sudah menanjak sebesar 19,12%.

TLKM juga merampungkan 100% site layanan broadcaster dengan total 355 site. Hingga Selasa, realisasi pemulihan site pelanggan telah mencapai 71% dari total 15.000 site. Ekspansi justru membuat prospek TLKM semakin dilirik, karena yang menjadi motor penggeraknya kan kemajuan teknologi yang mereka pakai, dengan investasi seperti jangkauan pelayanan yang akan lebih luas.

1Pingbacks & Trackbacks on Telkom tak siapkan pendanaan khusus untuk Telkom 4