Gunung Sinabung Berstatus Awas, Waspadai Banjir Lahar

gunungPT Best Profit Futures Pekanbaru Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), mengalami erupsi disertai guguran awan panas. Kini Gunung Sinabung berstatus Awas dan warga diimbau menjauhi area puncak gunung.

Tingkat aktivitas Gunung Sinabung level IV (Awas),” demikian disampaikan Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, KESDM, Badan Geologi, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam keterangan resmi yang diterima pada Rabu. Best Profit Pekanbaru

PVMBG menyebut hari ini terjadi dua kali letusan Gunung Sinabung dengan amplitudo 105-120 mm dan durasi 480-500 detik. Tak hanya itu, telah terjadi 12 guguran dengan amplitudo 3-120 mm dan durasi 50-160 detik.

Dengan aktivitas tersebut, PVMBG menyarankan warga dan wisatawan tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari puncak. Masyarakat juga diimbau selalu waspada terhadap potensi bahaya lahar. PT Bestprofit Pekanbaru

Masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Gunung Sinabung. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar,” katanya.

PVMBG juga mengingatkan masyarakat mewaspadai jebolnya bendungan di sekitar daerah aliran Sungai Laborus. Sebab, bendungan ini rentan jebol akibat banjir lahar atau banjir bandang ke arah hilir. Bpf Pekanbaru

Mengingat telah terbentuk bendungan di hulu Sungai Laborus, maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran Sungai Laborus agar tetap menjaga kewaspadaan karena bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan lahar/banjir bandang ke hilir,” imbaunya.

Saat ini pihak BPBD Kabupaten Tanah Karo sudah melakukan sosialisasi terkait ancaman bencana lahar atau banjir bandang kepada penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Laborus.

Comments are closed.