Bocoran Honda PCX 150 Baru, Mesin 157 Cc dan Teknologi VTEC

Honda PCX 150 dikabarkan bakal mendapat desain baru pada 2021. Media Thailand, greatbiker.com, menjelaskan, perubahan desain itu merupakan kadar generasi baru.

Salah satu poin yang disoroti yakni dugaan mesin eSP (Enhanced Smart Power) pada PCX 150 telah diperbarui menggunakan teknologi VTEC seperti di mobil-mobil Honda. Selain itu kapasitas mesin naik dari 149 cc menjadi 157 cc.

Dugaan itu juga diperkuat gambar paten pada tahun lalu yang mengindikasikan mesin baru PCX 150 mempunyai empat katup dari sebelumnya dua katup.

 

Pada tahun lalu sudah dilaporkan Honda mengembangkan mesin motor baru berteknologi VTEC. Fitur ini diprediksi sebagai jawaban Honda atas fitur VVA pada rival PCX 150, yakni Yamaha Nmax.

Autostation.com menjelaskan gambar paten itu bisa jadi upaya Honda untuk masuk ke pasar Eropa dengan menghadirkan teknologi yang lebih ramah lingkungan. Saat ini emisi gas buang mengacu pada Euro 5.

Bukan hanya mesin yang baru, sasis PCX 150 juga disebut bakal diganti menggunakan versi eSAF (Enhandced Smart Arcitecture Frame) dengan keuntungan semakin ringan. Sasis baru ini pertama kali digunakan pada skutik Genio, kemudian dipakai di Beat yang sama-sama 110 cc.

Informasi lainnya dari media Thailand yakni negara ini akan memproduksi sendiri PCX 150.

Sejauh ini kabar soal generasi baru PCX 150 berikut pembaruan mesin dan sasis masih rumors di Indonesia. Astra Honda Motor (AHM) belum mengonfirmasi terkait pengembangan skutik bongsor itu yang saat ini dijual paling murah nyaris Rp30 juta.

PCX 150 pertama kali dijual di Indonesia pada 2012, sebelumnya mulai 2010 Honda menjual PCX 125. Pada 2012, PCX 150 merupakan produk impor dari Thailand, kemudian pada 2014 Honda di Indonesia mendapatkan pasokan unit dari Vietnam.

Lalu pada 2018, Astra Honda Motor (AHM) memutuskan memproduksi PCX 150 di dalam negeri. Selain menjual produksi sendiri di dalam negeri, AHM juga mengekspor PCX dalam bentuk Completely Built Up (CBU) dan Completely Knock Down (CKD).

1Pingbacks & Trackbacks on Bocoran Honda PCX 150 Baru, Mesin 157 Cc dan Teknologi VTEC