Bursa Asia rontok setelah pengumuman ECB

Bursa Asia –  BESTPROFIT FUTURES PEKANBARU – Bursa Asia merunduk di perdagangan pagi ini, Jumat (5/12). Para pelaku pasar tak bergerak agresif, diperkirakan karena kabar stimulus di Eropa dan sembari menunggu data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) nanti malam.

bestprofit pekanbaru

bestprofit pekanbaru

MSCI Asia Pacific Index turun 0,2% pada pukul 10:06 waktu Tokyo. Indeks Nikkei 225 Stock Average di Jepang merosot 0,3% dan memangkas keuntungan sepekan ini menjadi 2,2%. 

Yen menguat kembali ke level ¥ 119,85 per dollar AS, setelah kemarin sempat menembus level USD/JPY 120 untuk pertama kalinya sejak tahun 2007.

Indes S&P/ASX 200 di Australia merosot 0,6% dan memangkas potensi keuntungan sepekan ini menjadi 0,4%. Sementara indeks Kospi di Korea Selatan kehilangan 0,1%.

Presiden Bank sentral Eropa (ECB) Mario Draghi kemarin mengatakan, akan mendiskusikan kemungkinan penyaluran quantitative easing dengan cara pembelian obligasi negara. Namun, cara ini akan ditentukan pada awal tahun 2015. Langkah Draghi memutus ekspektasi pasar, bahwa ECB akan menggelontorkan stimulus lebih besar saat ini.

Pasar juga hari ini menunggu data ketenagakerjaan dari Negeri Paman Sam. Sudah 10 bulan berturut-turut, AS mencatat kenaikan data tenaga kerja di atas 200.000 per bulan, sehingga tingkat penganggurannya saat ini di level terendah sejak Juli 2008.

Sumber : Bloomberg

Comments are closed.