Bursa Hong Kong Mundur Akibat Lesunya Saham Unggulan, Anjloknya Bursa Regional

bursa-asia-140203cPT.BESTPROFIT PEKANBARU – Pada akhir perdagangan di bursa saham Hong Kong sore ini indeks benchmark ditutup dengan membukukan kenaikan tajam (16/10). Sentimen negatif bertahan hingga akhir perdagangan sesi kedua di bursa Hong Kong sore ini. Para investor di Asia dilanda kekhawatiran mengenai potensi melambatnya ekonomi global sehingga kehilangan keyakinan terhadap pergerakan bursa saham.

Bursa saham Tiongkok juga ditutup dengan pelemahan hari ini. Sentiment negative muncul dari Tiongkok akibat maraknya IPO yang sudah dijadwalkan. Para investor khawatir bahwa IPO saham baru akan menyebabkan penurunan portofolio pada saham-saham lama.

Saham-saham lapis biru di bursa Hong Kong tampak ditutup melemah dengan signifikan pada akhir perdagangan Kamis sore. Cheung Kong ditutup dengan membukukan pelemahan signifikan sebesar 2.00 hkd menjadi 129.70 hkd. Power Assets tampak alami anjlok sebesar 0.30 hkd menjadi 72.15 hkd. HSBC melemah sebesar 0.85 hkd ke posisi 77.75 hkd. Hang Seng Bank mengalami penurunan 0.20 hkd ke posisi 128.20 hkd.

Di akhir perdagangan sore ini indeks benchmark di bursa saham Hong Kong berada di teritori negatif. Indeks spot hang seng ditutup menguat sebesar 239.11 poin atau 1.03 persen dan berada pada posisi 22900.94 poin.

Analyst  memperkirakan bahwa pada perdagangan hari Jumat besok bursa saham Hong Kong akan mengalami pergerakan yang dipengaruhi oleh kinerja bursa saham Amerika Serikat dan Eropa nanti malam. Investor akan menantikan rilis data klaim pengangguran, industrial production dan Philly manufacturing index dari Amerika Serikat malam nanti untuk memperoleh arahan perdagangan besok.

Sumber : Financeroll

Comments are closed.