Cara Atasi Ponsel yang ‘Lemot’

Pemilik ponsel kerap kesal ketika mendapati gawainya lelet atau lemot ketika dioperasikan. Gejala ‘lag’ kerap ditemui pada ponsel dan sangat menjengkelkan terlebih saat dibutuhkan respons cepat.

Selain itu, banyaknya foto dan video juga pemicu smartphone menjadi lemot.

kali ini akan menjabarkan cara menjaga ‘kegesitan’ ponsel saat digunakan.

  1. Hapus Aplikasi Berjalan di BackgroundBanyaknya aplikasi yang tersimpan semakin membebani kerja RAM. Sebab aplikasi-aplikasi tersebut akan menyebabkan ruang RAM terpakai dan praktis membuat ponsel melambat.

    Kita bisa mencari tahu aplikasi yang paling memakan baterai dan memori di Setting > Device Care > Battery

    Di situ bisa diketahui aplikasi yang sedang berjalan dan aplikasi apa yang paling banyak memakan baterai. Selain itu kita harus sering-sering juga menutup seluruh aplikasi yang berjalan di bagian multi-task. Jangan sampai membuka terlalu banyak aplikasi, padahal ada aplikasi yang sudah tidak digunakan.

  2. Gunakan Aplikasi Versi ‘Lite’Berkembangnya teknologi membuat semakin mutakhir pula sebuah sistem operasi (OS) dan aplikasi. Sayangnya kecanggihan itu akan semakin membutuhkan RAM dan ROM yang semakin besar. Oleh karena itu, ponsel akan semakin lambat karena aplikasi dan OS (sistem operasi) semakin membutuhkan memori dan aplikasi yang lebih besar.

    Apabila ponsel memang semakin lambat, disarankan menggunakan versi ‘lite’ yang cenderung lebih ringan. Aplikasi itu seperti YouTube Go, Twitter Lite, Skype Lite atau Facebook Lite.

    3. Bersihkan Ruang Penyimpanan

    Semakin lama menggunakan ponsel, tentu semakin banyak pula aplikasi yang tersimpan di ponsel. Semakin kecil ruang penyimpanan, semakin lemot pula OS. Untuk menghindari hal tersebut kita harus rajin menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan.

    Selain itu, juga harus menghapus foto dan video lama secara berkala. Sebab video dan foto juga cukup memakan ruang kapasitas penyimpanan. Alternatif lainnya, bisa menggunakan memori eksternal atau memindahkan foto dan video ke komputer.

    Cara lain untuk membebaskan ruang penyimpanan adalah dengan membersihkan cache untuk membebaskan ruang penyimpanan di Android. Akan tetapi, harus rajin membersihkan cache secara harian di ponsel karena memang cache tidak dapat dihindari. Bisa mengunduh berbagai aplikasi untuk membersihkan cache ini.

Comments are closed.