Cara Mendapatkan Merek yang Besar untuk Usaha Kecil

Pasar ModalBestprofit Pekanbaru – Hampir semua jenis bisnis akan berlomba – lomba dalam membesarkan dan mempertahankan merek bisnis mereka di pasaran. Banyak cara dilakukan agar merek bisnis bisa dikenal dan diingat selalu oleh pelanggan. Ini penting bagi sebuah bisnis kecil atau bisnsi yang baru saja mulai mendirikan usahanya. Ada 3 cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan merek yang besar bagi bisnis kecil kita.

1. Mengetahui pasar Anda

Dalam berbisnis mengetahui apa dan siapa target pasar adalah hal paling penting. Bagi sebuah bisnis kecil, menentukan target pasar sangatlah harus diperhatikan. Karena jika salah dalam menargetkan, bisa saja kita akan kehilangan banyak waktu dan biaya, sedangkan hasil yang didapatkan tidak memuaskan.

Anda harus mengetahui apa yang pelanggan Anda suka, apa yang membuat mereka tertarik hingga mau membeli, dan bagaimana pelanggan Anda berinteraksi dengan merek Anda. Pelanggan Anda harus menyukai apa yang Anda tawarkan. Bukan hanya untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya sendiri, tapi agar bisa direkomendasikan kepada orang lain juga.

Target pasar yang dibuat bisa berupa umur, profesi, alamat, pekerjaan, penghasilan, kebutuhan, trend, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Gunakan ini sebagai acuan dalam menentukan target pasar Anda.

2. Bekerja dengan pesan

Merek merupakan hal yang mendasar dalam sebuah bisnis. Dari sebuah merek kita bisa menyampaikan apa yang kita miliki, kita tawarkan dan apa yang dapat dirasakan oleh pelanggan. Merek memberikan pesan kepada setiap yang melihatnya. Terdengar tidak mungkin memang untuk sebuah merek dapat berbicara dan menceritakan apa yang kita miliki kepada pelanggan. Tapi ini memang bisa terjadi, terlebih saat kita melakukan promosi yang baik dan membuat merek kita dikenal banyak orang.

Dalam menyampaikan pesan kepada pelanggan melalui sebuah merek, kita perlu memperhatikan 3 hal berikut ini:

a. Penampilan

Anda pasti ingin membuat orang tertarik pada merek bisnis Anda. Salah satu yang pasti Anda lakukan adalah mendesain sebuah logo, kemasan atau tampilan dari produk Anda sebaik mungkin. Ini memang harus dilakukan, karena dari sana kita bisa melihat apakah merek kita memicu ketertarikan untuk dilihat dan dibeli oleh orang. Sangat penting untuk menumbuhkan bahasa visual dan estetika untuk sebuah merek. Jika Anda menggunakan sebuah website, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan tampilan website atau logo yang dipasang di website tersebut. Gunakan gaya, font dan logo yang konsisten. Ini untuk membentuk karakter bagi bisnis Anda, yang jelas berbeda dengan bisnis lainnya.

b. Penggunaan kata

“Ketika Anda diminta untuk menggambarkan 5 kata untuk merek Anda, kira – kira apa yang akan Anda ucapkan?” Jika Anda bisa menjawab pertanyaan ini, berarti Anda berhasil menggunakan kata kunci merek yang sesuai target dan tujuan Anda. Jangan biarkan pelanggan memberikan pandangan yang jauh dari apa yang Anda miliki. Karena itu bisa membuat merek Anda tidak dikenal dengan baik. Pastikan juga setiap kata yang digunakan dalam mempromosikan merek Anda sudah tersampaikan dengan benar. Terlebih saat Anda mempromosikannya via media online, akan sulit mengembalikan citra saat Anda membuat arti berbeda pada merek yang Anda bangun.

c. Solusi

Untuk mencapai sukses dalam branding, Anda perlu memahami jawaban atau solusi apa yang Anda butuhkan untuk menjawab pertanyaan pelanggan Anda. Pastikan solusi tersebut unik dan berbeda dari yang lain. Dan jika memang solusi yang Anda berikan memiliki kemiripan atau ditiru oleh yang lain, Anda harus mampu membuat pelanggan lebih memilih Anda ketimbang mereka.

Baca juga: [3 Tips Membawa Merek Anda Ke Pasaran dengan Story Telling]

3. Menggunakan iklan yang menghemat anggaran

Untuk sebuah bisnis kecil memperhitungkan anggaran atau modal dalam setiap pengeluarannya. Karena untuk sebuah bisnis kecil, penting untuk bisa melakukan promosi dengan biaya minim, cara yang sederhana tapi hasil yang melebihi target. Salah satu yang bisa digunakan untuk sebuah bisnis kecil atau bisnis yang baru saja memulai usahanya adalah dengan memanfaatkan media gratis yang sudah ada, seperti media sosial, blog dan lain sebagainya.

Kita bisa membuat sebuah promosi atau perkenalan merek bisnis kita melalui media tersebut. Untuk awal buatlah sebuah fanspage di Facebook, posting konten – konten yang berhubungan dengan bisnis Anda dan bermanfaat untuk orang yang membacanya. Jika Anda sudah yakin, jangan ragu untuk mengundang teman Anda untuk menyukai fanspage tersebut dan memberikan komentar mereka. Tapi ingat untuk sosial media, jangan membuatnya sebagai media promosi terang – terangan. Karena sosial media tempat untuk berbagi bukan menjual. Jika Anda belum memiliki banyak pengikut akan terasa sulit mendapat kepercayaan ketika Anda hanya menunjukkan promosi bisnis Anda. Yang terpenting adalah memperkenalkan merek bisnis Anda terlebih dahulu ketimbang menjual bisnis Anda.

Comments are closed.