Cara Mengaktifkan Notifikasi di WhatsApp agar Muncul di Layar

Notifikasi di WhatsApp adalah fitur penting untuk mengetahui pesan terbaru yang masuk ke nomor pengguna. Notifikasi ini muncul secara otomatis berupa pop-up pada layar ponsel.

Untuk memastikan pesan dan notifikasi WhatsApp diterima secara cepat, telepon harus terkonfigurasi dengan benar, mulai dari koneksi internet sampai pengaturan ponsel dan aplikasi WhatsApp.

Apabila koneksi internet sudah tersambung, bisa jadi notifikasi pesan di WhatsApp belum aktif, atau mungkin saja Anda tidak sengaja mematikan notifikasi WhatsApp.

Dengan demikan, Anda harus terlebih dahulu mengubah setelan notifikasi WhatsApp dengan melakukan dua opsi cara berikut ini.

Cara ini bisa dilakukan jika penyebabnya adalah nada notifikasi WhatsApp tidak bunyi atau chat baru tidak muncul.

  1. Buka WhatsApp
  2. Pilih opsi lainnya
  3. Buka Setelan atau Setting
  4. Pilih Notifikasi atau Notification
  5. Jika pilihan None, ubah notifikasi untuk pesan, grup, dan panggilan dengan memilih nada panggilan, nada dering notifikasi, hingga getaran.

Usai mengaktifkan dan mengubahnya, notifikasi akan muncul atau ditampilkan di layar telepon. Namun jika pesan yang masuk masih tidak muncul di layar, Anda bisa mencoba cara kedua seperti di bawah ini.

Setiap smartphone berbasis Android maupun iOs akan dibekali menu Pengaturan. Berikut caranya.

  1. Buka menu Settings, lalu cari Notification & Status Bar
  2. Setelah itu, pilih manage notification dan temukan aplikasi WhatsApp
  3. Pastikan toogle-nya dalam posisi aktif atau ON ditandai dengan warna biru atau hijau. Jika toogle dalam posisi mati, ditandai dengan warna abu-abu.

Menerapkan cara mengaktifkan notifikasi WhatsApp dengan memulihkan kembali toogle ini, notifikasi WhatsApp akan kembali muncul di layar seperti sedia kala. Selamat mencoba.

Comments are closed.