Cara Pindahkan Data dari Android Lama ke HP Baru

Mencadangkan (back up) data seolah menjadi momen ‘rumit’ bagi para pengguna Android. Mencadangkan data diperlukan ketika pengguna hendak memindahkan data dari handphone (hp) lama ke ponsel baru.

Dulu memang mencadangkan data rumit karena membutuhkan komputer dan perangkat lunak ketiga. Saat ini mencadangkan data sangat mudah, bahkan bisa dibilang tak memerlukan usaha berlebihan.

Berikut cara-cara mencadangkan data dengan mudah sesuai dengan jenis data yang akan dicadangkan.

  1. Foto dan Musik
    Pengguna bisa memanfaatkan Google Photo untuk mencadangkan foto hingga video dan Google Play Music untuk mencadangkan musik. Kedua aplikasi secara otomatis melakukan sinkroniasi data-data tersebut.Dalam Google Photo, pengguna harus memastikan bahwa foto yang diambil secara otomatis dicadangkan aplikasi. Pengguna bisa memastikan tersebut dengan masuk ke Google Photo > Setting > Backup & Sync.

    Pengguna bahkan bisa mengatur ukuran foto yang dicadangkan di Google Photo. Fitur ini berguna apabila kapasitas penyimpanan pengguna di Google hampir mencapai batas. Aplikasi akan mengecilkan ukuran foto sesuai keinginan pengguna.

    Berbagai aplikasi, seperti Super Backup, Easy Backup & Restore bisa digunakan untuk mencadangkan aplikasi

  2. Pengaturan Umum & Preferensi
    Jenis data pengaturan dan preferensi ini bisa dilakukan apabila pengguna masuk ke Android dengan menggunakan akun Google.Akun ini adalah kunci untuk sebagian besar data yang dicadangkan secara otomatis. Pada level sistem, pencadangan ini termasuk pengaturan hingga preferensi Android.

    Pengaturan termasuk jaringan dan kata sandi Wifi, bahasa, pengaturan tanggal dan waktu, hingga bahsa yang digunakan. Preferensi mengatur tampilan ponsel di menu utama.

    Pengguna dapat mencadangkan ponsel dengan masuk ke bagian Sistem pada pengaturan ponsel Anda, pilih ‘Advanced’, kemudian pilih ‘Backup’.

    Pastikan masuk di ponsel baru dengan akun Google yang sama dengan ponsel yang lama.

  3. Aplikasi dan Data Aplikasi
    Dilansir dari Computer World, daftar aplikasi yang di instal di Play Store selalu sinkron dengan server Google.Sehingga ketika masuk ke ponsel Android baru, pengguna bisa mengembalikan seluruh aplikasi ke ponsel tersebut.

    Google juga menyediakan sistem mencadangkan aplikasi yang juga menyimpan data-data di dalam aplikasi. Mulai dari sign in hingga pengaturan.

    4. File
    Dilansir dari Android Authority, cara termudah untuk mencadangkan file di perangkat adalah dengan menyimpan file tersebut di penyimpanan komputasi awan (cloud storage) seperti Dropbox, Google Drive atau Microsoft OneDrive.

    Seluruh layanan tersebut meyediakan kapasitas penyimpanan secara gratis. Tentu pengguna bisa

meningkatkan kapastias dengan membayar secara bulanan.

Apabila pengguna lebih memilih untuk menyimpan file di ponsel, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi Autosync yang bisa digunakan bersama Dropbox, Google Drive atau Microsoft OneDrive. Aplikasi akan secara terus menerus menyinkronkan dokumen dengan berbagai layanan tersebut.

  1. Kalender, Kontak dan Email
    Mencadangkan data kalender, kontak dan email cukup mudah karena tersambung dengan penyimpanan komputasi awan. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu mencadangkan email atau data kalender ponsel Anda karena sudah tersimpan di cloud;.Pengguna cukup membuka aplikasi email atau kalender dari perangkat lain untuk menggunakannya di ponsel baru.

    Buka aplikasi kontak ponsel pengguna untuk memastikan opsi penyimpanan di akun Google pengguna. Beberapa aplikasi kontak di ponsel juga akan menyediakan opsi di mana pengguna ingin menyimpan

kontak setiap kali pengguna menambahkan kontak baru.

Comments are closed.