Catatan Hasil Uji Tabrak Rocky-Raize di Jepang

Daihatsu Rocky berikut kembarannya Toyota Raize yang diproduksi di Jepang sempat diuji tabrak oleh Japan New Car Assessment Program (JNCAP) pada tahun lalu dengan hasil memuaskan, rating 5 bintang.

 

Rocky-Raize sudah mulai dijual di Jepang pada November 2019, kemudian model yang sama namun produksi Indonesia telah diluncurkan pada akhir Mei. Kembaran yang lain, Perodua Ativa, juga sudah meluncur pada Maret.

Menurut data JNCAP 2019, Rocky-Raize produksi Jepang mencetak skor 85,7 dari total nilai sempurna 100 poin. Model yang diuji adalah unit Rocky, namun secara keseluruhan hasil yang sama ditetapkan juga untuk Raize.

 

Rocky yang dirancang menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA) mendapatkan rating 12 dari 12 poin sempurna untuk uji tabrak depan 55 km per jam.

Catatannya, spesifikasi varian tertinggi Rocky memiliki fitur Smart Assist untuk bantuan pengemudi, autonomous emergency braking, lane departure prevention system, adaptive cruise control, smart panorama parking assist, dan erroneous start prevention function.

Perodua Ativa yang dijual khusus untuk Malaysia juga sempat diuji tabrak oleh ASEAN NCAP, hasilnya 5 bintang. Rocky-Raize produksi Indonesia yang dijual di dalam negeri sejauh ini diketahui belum pernah diuji tabrak oleh lembaga independen.

Rocky dan Raize di Indonesia saat ini hanya punya opsi mesin 1.000 cc, 3-silinder, turbo. Pilihan mesin 1.200 cc disebut bakal meluncur kemudian.

Rocky dan Raize diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang, Jawa Barat. Selain dijual di Indonesia, Raize juga akan diekspor ke sekitar 50 negara.

1Pingbacks & Trackbacks on Catatan Hasil Uji Tabrak Rocky-Raize di Jepang