Data AS Tekan Harga Emas LLG

imagesBestprofit Pekanbaru – Harga emas LLG pada perdagangan Selasa 22 Juli 2014 terpantau ditutup melemah cukup signifikan dini hari tadi. Pelemahan harga emas LLG yang cukup signifikan tersebut dipicu oleh penguatan bursa Wall Street dan juga data perekonomian AS yang berada dalam posisi positif.

Rilis-rilis data terkait pendapatan kuartal perusahaan di Wall Street dan juga perekonomian AS terpantau berhasil menggerus harga emas pada perdagangan Selasa lalu. Dari pergerakan bursa Wall Street, seluruh indeks terpantau berhasil ditutup di zona hijau pada perdagangan Selasa lalu. Beberapa rilis data pendapatan kuartalan perusahaan di Wall Street terpantau menjadi sentimen kuat yang menggerakan seluruh indeks untuk menutup perdagangan di zona hijau sehingga emas selaku aset safe haven, anjlok tergerus penguatan Wall Street tersebut.

Sementara dari rilis-rilis data perekonomian AS, data penjualan rumah AS dan inflasi juga turut menjadi momok terhadap pergerakan harga emas Selasa lalu. Dari data inflasi, terpantau inflasi inti AS berhasil ditekan pada Juni lalu bila dibandingkan periode yang sama pada tahun 2014. Inflasi inti AS yang berada pada level 2,0% di Juni 2014, berhasil diturunkan 0,1% ke level 1,9%. Sedangkan dari data penjualan rumah AS, penjualan rumah AS juga mengalami penguatan pada Juni lalu bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2013. Pada Juni 2014 lalu, penjualan rumah AS berada di level 5,04 juta atau naik 0,13 juta.

Pada perdagangan Selasa 22 Juli 2014, harga emas LLG terpantau harus ditutup melemah cukup signifikan meskipun sentimen positif dari belum stabilnya kondisi geopolitik global masih cukup kuat. Harga emas LLG turun 0,47% ke tingkat harga $1.306,35/t oz atau melemah $6,10/t oz.

Sedangkan dari perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas juga terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus 2014 turun hingga 0,58% ke tingkat harga $1.306,3/t oz atau melemah $7,6/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas pada perdagangan hari ini berpotensi untuk kembali menguat. Hal tersebut dilandasi oleh potensi penguatan sentimen positif dari belum stabilnya kondisi geopolitik global sekaligus aksi beli pasca penurunan harga pada perdagangan hari Selasa. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.294-$1.322 pada emas LLG dan $1.293-$1.324 pada emas berjangka COmex untuk kontrak Agustus 2014.

Comments are closed.