Dokter trainee Saudi mudik ramai-ramai, pelayanan kesehatan Kanada bisa terganggu

Canada's Prime Minister Justin Trudeau is reflected in a monitor while speaking during a news conference in Ottawa, Ontario, Canada, June 20, 2018. REUTERS/Chris Wattie TPX IMAGES OF THE DAY

PT BESTPROFIT Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pada hari Rabu bahwa dia akan terus menekan Arab Saudi mengenai catatan hak asasi manusianya, bahkan ketika perselisihan dengan Riyadh atas kritik dari Ottawa terus meningkat.

Trudeau -yang menyebut masalah ini sebagai perbedaan pendapat diplomatik”- juga mengatakan kepada wartawan bahwa Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland telah mengadakan percakapan panjang dengan rekannya di Saudi pada hari Selasa, tetapi tidak memberikan rincian. Arab Saudi membekukan dan melarang kesepakatan perdagangan baru dengan Kanada setelah Kanada mendesak pembebasan aktivis hak-hak sipil yang dipenjara.

Pembicaraan diplomatik terus berlanjut. Tetapi seperti yang dikatakan Menteri Freeland), dan seperti yang akan kami ulangi, Kanada akan selalu berbicara dengan jelas dan jelas, secara pribadi dan di depan umum, tentang masalah-masalah hak asasi manusia,” kata Trudeau pada suatu acara di Montreal. BEST PROFIT

Kami tidak ingin memiliki hubungan yang buruk dengan Arab Saudi tetapi kami akan terus menggarisbawahi tantangan di mana dan kapan mereka ada, di Arab Saudi dan tempat lain,” tambahnya.

Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir sebelumnya mengesampingkan pembicaraan tentang mediasi, mengatakan pada konferensi pers di Riyadh bahwa “kesalahan telah dibuat dan kesalahan harus diperbaiki”.

Ketegangan Arab Saudi dengan Kanada sepertinya memang belum reda. Setelah memerintahkan seluruh siswa yang tengah belajar di Kanada mudik, Pemerintah Saudi juga berseru agar ratusan dokter peserta pelatihan meninggalkan Kanada di tengah-tengah pertikaian diplomatik ini. BESTPROFIT

Seruan ini bisa mengganggu rumah sakit Kanada dan mengakhiri program 40 tahun pelatihan spesialis untuk kerajaan. Maklum, Arab Saudi merupakan sumber terbesar tenaga kerja medis dan peserta pelatihan asing di Kanada. Mereka bahkan menempati 95% tempat tinggal internasional pada tahun akademik mendatang.

Comments are closed.