Dollar AS Dorong Harga Emas COMEX Ke Zona Merah

gold-down-market-graphBestprofit Pekanbaru – Harga emas di Bursa COMEX pada perdagangan Selasa 17 Juni 2014 terpantau kembali ditutup melemah pada dini hari tadi. Pelemahan harga emas di Bursa COMEX terjadi akibat pergerakan nilai Dollar AS pasca rilis data Inflasi Konsumen AS.

Rilis data inflasi konsumen AS menjadi determinan terkuat dalam mempengaruhi pergerakan harga emas secara tidak langsung di Bursa COMEX. Peningkatan data inflasi konsumen AS pada Mei yang naik ke level 0,3 dari 0,2 pada April, mengindikasikan bangkitnya sektor konsumsi AS. Berdasarkan indikasi bangkitnya sektor perekonomian AS tersebut, Dollar AS terdorong untuk bergerak menguat sehingga melemahkan daya beli investor di Bursa COMEX yang menggunakan mata uang Dollar AS untuk transaksi.

Selain faktor pergerakan mata uang Dollar AS yang menguat akibat data inflasi konsumen AS, emas juga diduga melemah akibat beberapa faktor lain. Hasil keputusan The Fed terhadap kelanjutan kebijakan tapering serta penguatan harga emas sejak akhir pekan lalu yang telah mencapai tingkat jenuh secara teknikal turut mempengaruhi pergerakan cenderung melemah pada emas COMEX.

Namun, konflik yang sedang berlangsung di Irak masih berpotensi untuk mengangkat harga emas untuk kembali menguat di Bursa COMEX. Serangan kelompok militan ISIS yang terpantau mulai mendekati wilayah Baghdad, berpotensi untuk mengangkat harga emas dalam level cukup signifikan.

Pada perdagangan Selasa 17 Juni 2014 di Bursa COMEX, harga emas ditutup melemah pada dini hari tadi. Harga emas spot COMEX, ditutup turun 0,11% ke tingkat harga $1.270,3/t oz atau melemah $1,4/t oz. Sedangkan untuk emas berjangka COMEX kontrak Agustus 2014 turun 0,26% ke tingkat harga $1.272/t oz atau melemah $3,3/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan cenderung bergerak melemah tipis pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh posisi tunggu sentimen terkait kelangsung konflik Irak dan kebijakan The FED. Terkait pergerakan harga emas pada hari ini, emas COMEX diprediksi akan bergerak di kisaran $1.253-$1.282 pada spot dan $1.252-$1.283 pada berjangka kontrak Agustus 2014.

(sumber:vibiznews)

Comments are closed.