Dollar Australia Rebound Tanggapi Data Tiongkok yang Mengesankan

AustralianDollar4Bestprofit Pekanbaru – Pada perdagangan hari ini nilai tukar aussie tampak mengalami rebound yang cukup signifikan terhadap dollar AS (23/9). Aussie alami kenaikan mendadak setelah dirilis data HSBC Flash Manufacturing PMI Tiongkok untuk bulan September ini. Data yang lebih baik dari prediksi membuat mata uang Australia yang merupakan mitra dagang terbesar Tiongkok mengalami lonjakan.

Hari ini data HSBC Flash Manufacturing PMI menunjukkan angka 50.5 poin. Data tersebut lebih baik dibandingkan dengan prediksi yang sebelumnya memperkirakan PMI manufaktur awal akan berada pada angka 50.0. Di bulan Agustus lalu angka PMI manufaktur final tercatat berada di level 50.2 poin. Angka di atas 50 poin menunjukkan bahwa aktivitas sektor manufaktur mengalami ekspansi.

Kenaikan aussie hari ini belum berhasil membawa pasangan aussie-dollar keluar dari kawasan jenuh jual. Saat ini indicator teknikal RSI masih terjebak di bawah level 30 poin.

Hari ini aussie terpantau berada pada posisi 0.8898 dollar AS. Aussie mengalami rebound yang cukup signifikan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 0.8869 dollar. Kemarin aussie sempat anjlok tajam dan mencapai posisi 0.8853 dollar AS, terendah sejak tanggal 4 Februari 2014 yang lalu.

Analis memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar aussie terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung bergerak menguat didukung kondisi fundamental maupun teknikal. Mata uang Australia tersebut berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 0.8860 – 0.8930 dollar.

Comments are closed.