Dua ‘Mobnas’ Vietnam Raih 4 dan 5 Bintang ASEAN NCAP

Dua model mobil nasional Vietnam VinFast, yaitu Fadil dan Lux SA2.0 meraih empat dan lima bintang dalam uji tabrak yang dilakukan oleh ASEAN NCAP (New Car Assessement Program for Southeast Asia) beberapa waktu lalu.

Dalam video resmi ASEAN NCAP, model SUV SA2.0 memperoleh lima bintang dengan total skor mencapai 84,45 poin. Penilaian tersebut terdiri dari Adult Occupant Protection (AOP) atau perlindungan pada orang dewasa sebesar 46,45 poin dan perlindungan pada anak (COP/Child Occupant Protection) meraih 22,73 poin.

Sementara penilaian untuk teknologi yang dirancang untuk mengurangi cedera penumpang saat terjadi tumbukan yakni Safety Assist Technologies (SAT) meraih sebesar 15,28 poin.

Penilaian keamanan untuk model Fadil memperoleh bintang empat dengan total skor 69,97 poin. Mobil bermesin 1.400 cc ini mendapat penilaian 32,61 poin untuk perlindungan pada orang dewasa (AOP) dan 17,91 poin untuk anak (COP). Untuk SAT, Fadil justru mendapat poin yang lebih tinggi dibanding Lux SA2.0 yaitu 19,44 poin.

VinFast merupakan startup otomotif bagian dari konglomerat real estate Vingroup JSC. Saat berpartisipasi di acara otomotif global, Paris Motor Show 2018, VinFast diketahui bekerja sama dengan perusahaan asal Eropa seperti BMW, Pininfarina, dan Magna Steyr.

Dilansir dari South China Morning Post, Lux SA2.0 yang disebut “memiliki desain kelas dunia dengan karakter khas Vietnam tetapi sama-sama menarik bagi penggemar otomotif.

Mobil-mobil ini tak hanya dipasarkan untuk domestik Vietnam saja, tetapi juga menyasar pasar global seperti Eropa.

Mengenal Fadil adalah hatchback yang memiliki ukuran tubuh panjang 3.676 mm, lebar 1.632 mm, dan tinggi 1.495 mm, serta wheelbase 2.385 mm. Mobil ini lebih besar dari Toyota Agya namun lebih kecil ketimbang Daihatsu Sirion atau Mitsubishi Mirage.

Fadil dibekali mesin bensin 1.400 cc bertenaga 98 tenaga kuda dan torsi 128 Nm. Transfer tenaga dari mesin ke roda depan disalurkan satu-satunya pilihan transmisi, CVT.

Comments are closed.