ECB Turunkan Suku Bunga, Emas Naik Hampir 1%

investasi emasBestprofit Pekanbaru – Harga emas pada penutupan dini hari tadi di Bursa COMEX ditutup menguat cukup signifikan. Pergerakan emas yang cenderung flat pada perdagangan sebelumnya akibat aksi tunggu terhadap keputusan ECB akhirnya berakhir dengan kembali bergairahnya minat investasi safe haven.

Keputusan ECB yang baru saja rilis dengan melakukan pemotongan tingkat suku bunga langsung memicu peningkatan harga emas di Bursa COMEX yang sebelumnya melemah. Kebijakan lanjutan ECB dengan mengimplementasikan pengurangan tingkat suku bunga dari 0,25 menjadi 0,15%. Selain mengimplementasikan pengurangan tingkat suku bunga, ECB juga menerapkan sanksi denda 0,1% bagi bank yang menyimpan dananya di bank sentral.

Pasca rilis keputusan dari ECB, harga emas COMEX terpantau bergerak menguat dan akhirnya ditutup di zona hijau dengan penguatan hampir 1%. Harga emas spot COMEX pada penutupan dini hari tadi ditutup menguat 0,72% ke tingkat harga $1.253,2/t oz atau naik $9/t oz.

Sedangkan emas COMEX berjangka juga terpantau ditutup menguat pada penutupan dini hari tadi. Harga emas COMEX berjangka untuk kontrak Agustus 2014 naik 0,77% ke tingkat harga $1.253,3/t oz atau menguat $9,6/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan mulai berada di trend menguat akibat rilis keputusan ECB. Namun, investor perlu mewaspadai data payroll AS yang akan segera rilis dan diduga akan menjadi sentimen yang cukup kuat untuk mempengaruhi pergerakan emas. Pada perdagangan hari ini, harga emas diprediksi akan berada di kisaran $1.234-$1.260,5 untuk spot dan $1.234,5-$1.260 untuk berjangka kontrak Agustus.

Comments are closed.