Ekonomi Tiongkok Stabil Picu Harga Emas dan Perak Rally

1540076china-flag-lawyers-007780x390BESTPROFIT PEKANBARU – Perdagangan bursa komoditas logam mulia di hari Selasa(20/1), harga emas dan perak telihat perpanjang kenaikan dengan alami rally, ketika emas telah mendominasi pasar sebagai safe haven ditengah pertumbuhan domestik bruto Tiongkok terlihat stabil di kuartal empat.Berlangsungnya perdagangan di sesi Eropa, emas berjangka pengiriman Februari telah alami kenaikan sebesar 0.93% di level $1.288.90 per troy ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Pergerakan harga emas hari ini terlihat bergerak menyentuh level $1.274.30 untuk sesi terendah harian dan level $1.294.30 untuk sesi tertinggi harian.

Sedangkan untuk perak berjangka pengiriman Maret telah diperdagangkan lebih tinggi 0.45% di level $17.830 per troy ounce dengan terpantau bergerak di level $17.650 untuk sesi terendah dan level $18.045 untuk sesi tertinggi harian.

Permintaan emas meningkat sebagai aset safe haven di kalangan para pelaku pasar terjadi ketika laju pertumbuhan ekonomi di wilayah Tiongkok terlihat stabil di kuartal empat. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional telah menyatakan bahwa pertumbuhan domestik bruto di wilayah Tiongkok mengalami kenaikan sebesar 7.3% di kuartal empat, setelah naik sebesar 7.3% di kuartal tiga.

Laporan terpisah lainnya yang memperlihatkan bahwa telah terjadinya pemulihan ekonomi Tiongkok telah didukung oleh kenaikan penjualan ritel dalam basis tahunan di wilayah Tiongkok, dimana terpantau naik sebesar 11.9% di bulan Desember berdasarkan laporan resmi dari Biro Statistik Nasional.

Sementara itu, memuncaknya perkiraan bahwa Bank Sentral Eropa akan memulai dalam melakukan pelonggaran kuantitatif secepatnya sampai pertemuan kebijakan pada 22 Januari mendatang. Dalam putusan sementara pada 14 Januari lalu, Pengadilan Eropa tampaknya telah menyetujui langkah kebijakan tersebut, menurut mereka Bank Sentral Eropa telah bebas dalam melanjutkan program pembelian obligasi tanpa tantangan hukum.

Dengan demikian, apabila keputusan resmi dari Bank Sentral Eropa akan melakukan pelonggaran kuantitatif pada 22 Januari mendatang, nantinya hal ini akan kembali mendukung kenaikan bagi harga emas.

Sumber : http://financeroll.co.id/news/ekonomi-tiongkok-stabil-picu-harga-emas-dan-perak-rally/

Comments are closed.