Emas Bertengger Di Level Tinggi, Terdukung Ketidakpastian Pasar Global

BESTPROFIT PEKANBARU

BESTPROFIT PEKANBARU

BESTPROFIT PEKANBARU – Emas mendekati level tinggi empat bulan pada hari Senin (19/01) pagi ini, diiringi dengan ketidakpastian yang masih membayangi pasar global sehingga menekan para investor untuk terus memburu logam safe-haven. Fokus utama pekan ini adalah hasil rapat kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB).

Emas spot mantap di posisi $1,278.21 per ons pada pukul 00.46 GMT di dekat level tinggi empat bulan di $1,281.50 yang tercapai pada hari Jumat akhir pekan lalu. Secara keseluruhan, emas mengalami kenaikan sebesar 5 persen pada pekan lalu setelah Bank Sentral Swiss (SNB) secara tiba-tiba menanggalkan pegging nilai tukar Franc Swiss terhadap Euro.

Emas bulion untuk pengiriman segera jatuh bangun sebanyak 0.2 persen dan diperdagangkan lebih rendah 0.3 persen pada posisi $1,277.11 per ons pada pukul 9:05 pagi di Singapura, demikian menurut catatan data Bloomberg.

SNB digadang-gadang telah mengetahui kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) yang akan diumumkan pada tanggal 22 Januari mendatang, dimana kemungkinan besarnya adalah pelonggaran kuantitatif secara penuh. Sementara itu, Euro sendiri mulai mendekati level rendah 11 tahun pada hari ini akibat para investor yang sangat yakin jika ECB akan mengambil tindakan signifikan untuk menyelamatkan Area Euro dari deflasi.

“Sementara emas cenderung melemahkan Euro, namun masih ada ekspektasi jika logam mulia itu bisa melemah lagi terhadap Dolar AS. ECB akan menentukan kebijakan moneternya pekan ini dan emas akan terus diuntungkan oleh ketidakpastian yang masih berlangsung (menjelang event penting tersebut),” tutur Huang Wei, analis emas dari Huatai Great Wall Futures Co.. Wei memprediksi bahwa emas masih akan terdukung oleh pemilu Yunani dan permintaan emas dari Tiongkok dalam rangka hari raya Imlek.

Sumber : http://www.seputarforex.com/berita/emas/detail.php?id=218812&title=emas_bertengger_di_level_tinggi_terdukung_ketidakpastian_pasar_global

Comments are closed.