Emas bukukan penurunan mingguan akibat faktor ini!

Emas-Anjlok-Lagi-Bukukan-Harga-Rendah-35-BulanPT.BESTPROFIT PEKANBARU – Harga emas dunia ditutup menurun pada transaksi Jumat (24/10). Data yang dihimpun Reuters menunjukkan, harga emas di pasar spot turun 0,1% menjadi 1.231,14 per troy ounce. Dengan demikian, sepanjang pekan lalu, harga emas menurun 0,5%.

Sedangkan harga kontrak emas di pasar berhasil melampaui performa harga emas di pasar spot dengan naik US$ 2,7 menjadi US$ 1.232,80 per troy ounce.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pergerakan si kuning di sepanjang pekan lalu. Pertama, data ekonomi AS yang positif sehingga menekan tingkat permintaan emas. Asal tahu saja, tingkat penjualan rumah baru AS melonjak ke level tertingginya dalam enam tahun terakhir pada September. Namun, adanya revisi penurunan tajam pada penjualan Agustus menyebabkan data tersebut masih tentatif dan belum final.

“Data ekonomi AS yang positif meredakan kecemasan mengenai pertumbuhan ekonomi global. Hal itu menekan pergerakan harga emas dalam beberapa hari terakhir,” jelas Matthew Turner, analis Macquarie.

Selain itu, penurunan harga emas juga dipicu oleh penguatan dollar AS. Sebagai informasi, dollar AS melemah 0,2% teradap sejumlah mata uang utama dunia pada akhir pekan lalu.

Sumber : Reuters

Comments are closed.