Emas Dalam Perdagangan Tipis

goldSetelah pada hari Jumat lalu, pasar komoditi di AS libur karena independence day, hari ini terlihat emas masih bergerak dengan range perdagangan tipis di pasar Asia.

Dollar AS dan Emas

Hampir semua peristiwa dalam berita, mencerminkan di negara-negara Barat untuk bertahan pada system kontrol keuangan ketika -bank sentral menggunakan sistem yang hampir mirip dengan skema Ponzi. Pasar mencerminkan aktivitas keraguan ketika para elit kehilangan kontrol atas dolar dan ekonomi Amerika Serikat yang belum terlampau positif karena tekanan krisis keuangan dunia.

Jika Anda tidak membeli emas fisik maka Anda sedang bermain dengan permainan rolet Rusia dan itu sangat berbahaya. Jangan khawatir tentang harga. Investasi yang “kebal” terhadap inflasi adalah emas, dan oleh karena itu karena para elit tidak akan membiarkan menjadi investasi alternatif untuk mengontrol uang fiat.

Sampai saat ini, dunia sedikit melupakan harga emas fisik dan harga emas berjangka. Beberapa tahun yang lalu, semua dari kita mendengar tentang harga emas berjangka yang membuat harga tertinggi baru di belakang skema pencetakan uang yang dilakukan Federal Reserve. Namun, setelah aksi jual dramatis harga emas menjadi sangat tenang. Tetapi beberapa minggu terakhir kita juga telah mendengar bahwa harga emas bergerak lihat reli ke atas sejak akhir Mei 2014.

Emas Rusia

Cadangan valuta asing dan emas Rusia dilaporkan meningkat sebesar $ 4.7 M menjadi $ 475.8 M pada periode 21 Juni hingga 27 Juni 2014, menurut laporan bank sentral dalam sebuah pernyataan. Pada 2013, cadangan devisa dan emas turun 5% menjadi $ 510 M. Cadangan devisa dan emas terdiri dari emas moneter, mata uang asing dan Special Drawing Rights yang merupakan mata uang Dana Moneter Internasional.

Teknikal

Pada pergerakan hari Jumat kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1319.88 per troy ounce. Sejak pembukaan market, harga emas emapt menguat tipis dengan bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1323.02 per troy ounce dan akhirnya di tutup pada kisaran USD 1320.49 per troy ounce. Pergerakan emas kembali mendapatkan keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 0.61.

Secara umum, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat kembali dalam dalam kondisi bullish. Harga emas terlihat masih berada di bawah indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area resistan bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 39 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi bearish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak bearish.Bias intraday, pergerakan harga emas pada grafik 4 jam-an berada dalam kondisi bullish. Saat ini harga terlihat terkoreksi tipis dan tertahan di atas support USD 1310.77 per troy ounce dimana ada peluang harga emas akan bergerak rebound ke resistan berikutnya pada kisaran USD 1332.51 per troy ounce. Jika harga emas melemah terhadap dollar dan menembus support USD 1310.77 per troy ounce membuka kemungkinan harga akan bergerak ke bawah untuk melanjutkan pergerakan koreksi dimana support USD 1293.00 per troy ounce cenderung akan di sentuh oleh pergerakan harga selanjutnya.

(sumber: antamgold)

Comments are closed.