Emas masih menunggu keputusan Referendum Swiss

BESTPROFIT PEKANBARU – Rupanya, pergerakan harga emas kali ini dipengaruhi oleh aksi wait and see investor atas referendum Swiss terkait cadangan emas bank sentral.

bestprofit pekanbaru

bestprofit pekanbaru

Pada 30 November mendatang, pemilih di Swiss akan menentukan pilihan untuk memutuskan apakah Swiss National Bank (SNB) harus menahan diri untuk menjual lebih banyak emas dan harus meningkatkan kepemilikan cadangan emas mereka sebesar 20%. Saat ini, cadangan emas Swiss berada di level 7%.

Partai Rakyat Swiss ultra-konservatif mengajukan inisiatif yang dinamakan “Save Our Swiss Gold””, dengan tujuan meningkatkan keamanan dan kemerdekaan Swiss dalam masa ketidakpastian.

Jika hasil voting lebih banyak menghasilkan kata setuju, diprediksi harga emas akan melambung. Namun, sejumlah analis melihat hasil referendum akan sebaliknya.

“Kelemahan dari proposal ini terletak pada upaya untuk melarang bank sentral untuk menjual emas mereka jika suatu hari bank sentral ingin menyeimbangkan neraca perdagangan. Hal ini bisa memicu risiko inflasi, yang akan diperangi oleh para penentu kebijakan,” jelas analis Societe Generale Patrick Legland.

Legran dan tim risetnya memprediksi dukungan atas proposal “Save Our Swiss Gold” hanya sekitar 30%. Padahal, dukungan yang dibutuhkan sekitar 50%.

Sumber : Kontan.co.id

Comments are closed.