Emas Stabil Dekat Terendah 4 Minggu; Ekuitas Menguat

media.npr.orgBestprofit Pekanbaru – Emas stabil dekat terendah empat pekan pada hari Kamis, perdagangan berada di bawah $ 1.300 per ons, setelah menguatnya ekuitas dan data menurunkan daya tarik emas sebagai safe haven, sementara investor menimbang kemungkinan kenaikan suku bunga AS yang lebih cepat dari perkiraan.

FUNDAMENTAL
* Spot emas sedikit berubah pada level $ 1,299.70 per ons pada 07:19WIB, setelah naik 0,4 persen pada sesi sebelumnya, memangkas penurunan dua hari. Logam kuning turun keterendah empat minggu di level $ 1,291.70 awal pekan ini.

* Emas telah berada di bawah tekanan setelah Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan pada hari Selasa lalu, bahwa bank sentral AS bisa menaikkan suku suku lebih awal atau lebih cepat jika perekrutan pekerja dan upah lepas landas dengan cara yang tak terduga.

* Tingkat suku bunga yang lebih tinggi akan mendorong investor untuk menarik uang dari non-interest-bearing assetsatau aset yang tidak terpengaruh dengan suku bunga, seperti emas.

* Penguatan dalam sektor manufaktur dan data perumahan AS pada hari Rabu juga memicu kekhawatiran bahwa pemulihan ekonomi yang kuat bisa mendorong The Fed untuk bertindak segera.

* Dalam tanda-tanda memudarnya sentimen investor, SPDR Gold Trust, ETF berbasis emas terbesar di dunia, mengatakan kepemilikan sahamnya turun 2,7 ton menjadi 806,03 ton pada hari Rabu.

* Berita industri lainnya, London Gold Market Fixing Ltd, perusahaan yang mengoperasikan patokan harga dunia berusia satu abad yang dikenal sebagai “fix”, mengatakan sedang mencari pihak ketiga untuk mengambil alih proses administrasi, kemungkinanmengindikasikan perdagangan akan berpindah ke platform elektronik.

* Agen logam mulia AS, Anthem Vault Inc. mengatakan telah meluncurkan mata uang digital pertama yang didukung oleh emas fisik, dengan tujuan untuk meningkatkan penggunaan emas sebagai bentuk penerimaan uang elektronik.(frk)

Sumber: Reuters

Comments are closed.