Emas sulit menandingi otot dollar AS

Bestprofit-futures : JAKARTA. Lagi-lagi, pamor emas terkalahkan oleh penguatan dollar Amerika Serikat (AS). Maklum, mata uang Paman Sam diburu seiring sinyal kenaikan suku bunga The Fed tahun ini dan sajian data ekonomi yang kinclong.

emas sulit

 

 

 

 

Harga emas pengiriman Desember 2015 di Commodity Exchange turun 0,70% jadi US$ 1.137,9 per ons troi. Koreksi sudah terjadi selama dua hari semenjak petinggi bank sentral AS alias The Fed menegaskan kenaikan suku bunga bisa dilakukan tahun ini. Padahal, sebelumnya, harga emas spot sempat bertengger di US$ 1.153,8.

Research and Analyst Monex Investindo Futures Agus Chandra menyebut, koreksi harga emas bisa berlanjut pada pekan ini, karena dollar AS semakin perkasa, index dollar spot naik 0,07% ke level 96,33.

Penyebabnya, indikator ekonomi Paman Sam cukup solid. Pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) kuartal II-2015 sebesar 3,9%, naik dibandingkan periode sebelumnya yaitu 3,7%. Data yang kinclong kian membuka potensi kenaikan suku bunga AS. Itu sebabnya, ia menduga, tren harga emas masih akan turun. Apalagi, jika data-data ekonomi AS yang akan dirilis selanjutnya cukup positif.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/emas-sulit-menandingi-otot-dollar-as

Comments are closed.