Emas Terancam Optimisme Penguatan Ekonomi AS

Bestprofit Pekanbaru – Emas berjangka meniti kenaikan pada Rabu (03/09) sore ini. Namun, logam mulia tersebut masih bergerak di dekat level rendah tiga bulan yang sempat tercapai pada sesi sebelumnya akibat indikasi penguatan momentum ekonomi AS. Akibatnya, minat terhadap emas pun berkurang.

Di Comex, harga emas untuk pengiriman Desember naik 0.27 persen atau sekitar $3.40. Emas tersebut diperdagangkan pada $1,268.40 per troy ons selama pembukaan sesi Eropa hari ini. Sedangkan emas bulion untuk pengiriman cepat diperdagangkan naik 0.3 persen ke harga $1,269.26 per ons pada pukul 2:24 siang di Singapura.

Harga emas bergerak dalam range yang sempit, yakni antara $1,265.30 dan $1,270.40 per ons. Sehari sebelumnya, emas tumbang sebanyak 1.74 persen dan diperdagangkan di kisaran $1,265.00 setelah pengumuman data manufaktur AS yang meroket pada bulan Agustus.

Data-data ekonomi Amerika Serikat menambah optimisme penguatan ekonomi di negara tersebut. Tentu saja, hal itu juga kian memicu ekspektasi bahwa The Fed akan segera mulai menaikkan suku bunga lebih cepat daripada perkiraan. Ekspektasi tersebut memompa kekuatan Dolar AS terhadap Yen dan Euro. Jepang dan Zona Euro menantikan rilis kebijakan moneter bank sentral mereka masing-masing pada hari Kamis besok.

Comments are closed.