Emas Tergencet Apiknya Laporan Test Stress ECB Dan Jelang FOMC

Harga-Emas-Turun-DrastisPT.BESTPROFIT PEKANBARU – Emas mengalami penurunan dari level tinggi enam minggu seiring dengan kian menguatnya ekspektasi para investor bahwa program tapering The Fed akan diakhiri bersamaan dengan FOMC pekan ini. Selain itu, hasil test stress perbankan Eropa yang hasilnya cukup baik makin mencukur perolehan emas.

Emas bulion untuk pengiriman segera mengalami kemunduran 0.3 persen ke $1,227.51 per ons dan diperdagangkan pada $1,230.71 pada pukul 9 pagi di Singapura. Data Bloomberg tersebut juga mencatat bahwa emas jatuh dari posisi $1,255.34 pada tanggal 21 Oktober, level tertinggi sejak tanggal 10 September sejalan dengan pemulihan ekuitas global.

Sementara itu di Comex NYMEX, harga emas berjangka untuk pengiriman Desember diperdagangkan pada $1,230.20 per troy ons atau menurun 0.06 persen setelah menghuni posisi $1,231.80 cukup lama di akhir pekan lalu.

Jelang FOMC

The Fed akan menggelar rapat FOMC pada tanggal 28-29 Oktober dengan ekspektasi bahwa bahwa The Fed akan mengakhiri program pembelian obligasinya (QE) pada bulan ini seiring dengan membaiknya ekonomi Amerika Serikat. Ditambah lagi dengan laporan ECB bahwa sebagian besar bank-bank di Zona Euro lolos uji kesehatan finansial.

Menurut Sun Yonggang, Ahli Strategi makroekonomi dari Everbright Future Co. di Shanghai, kabar gembira dari Eropa tersebut sangat mempengaruhi sentimen. Dan yang lebih penting lagi menurut Yonggang, para investor akan sangat menantikan hasil FOMC pekan ini dan pasar akan melihat bagaimana dampaknya terhadap Dolar AS dan pasar ekuitas.

Sumber : Bloomberg

Comments are closed.